Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal, Citra Merek dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Makanan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v5i2.536Keywords:
Legalitas Usaha, Labelisasi Halal, Citra Merek, Promosi, Tingkat PenjualanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi terhadap tingkat penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengen jenis penelitian kuantitatif asosiatif (korelasional). Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuisioner (angket). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 26 for windows. Distibusi penelitian ini berjalan normal , tidak ada gejala multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil analisis SPSS versi 26 for windows tentang uji parsial diperoleh hasil bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan secara parsial. Pada uji simultan dijelaskan bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap penjualan UMKM sebesar 11,079. Pada analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa legalitas usaha secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar 0,318, labelisasi halal secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar1,102, citra merek secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar3,029, promosi secara parsial berpengaruh terhadap penjualan sebesar2,511. Secara simultan diperoleh hasil bahwa legalitas usaha, labelisasi halal, citra merek dan promosi mampu mempengaruhi penjualan sebesar 88,3%.
Downloads
References
Achmad Yesnedi .Aspek Hukum Dalam Ekonomi . Yogyakarta: Deepublish,2015.
Agustian Rifka, et,al., Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Makasar:CV. Tohar Media, 2022.
Aminah Siti. “Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal, Citra Merek, Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Prodouk Makanan Dan Minuman Binaan Dinas Koperasi Dan UMKM Di Kabupaten Lumajang” (Skripsi,
Amir Amri. Metodologi Penelitian Dan Penerapannya. Bogor: IPB Press,2009.
Anggraeni Rahmanisa. “Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah,” Dalam Eksaminasi: Jurnal Hukum, Vol. 1, No.1.
Chrismardani Yustina. “Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi Untuk UMKM,” Dalam Jurnal Neo-Bis, Vol.8, No. 2.
Falah Fajrul. Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal, Citra Merek Terhadap Volume Penjualan Pada Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar” (Skripsi, Program Strara Satu Ekonomi Syariah, 2021).
Hakim, et.al. “Pengaruh Legalitas Usaha, Packaging Produk Dan Labelisasi Halal MUI Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dikecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap,” Dalam Jurakunman, Vol. 6 No.1.
Hamdani, Menganal Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Jawa Timur:Uwais Inspirasi Indonesia, 2020.
Kementerian Agama RI, AlQuran Tajwis Kode Transliterasi Per Kata
Lestari Rahayu, et.al. ”Pengaruh Kualitas Produk,persepsi harga terhadap tingkat penjualan melalui digital nmarketing UMKM ndustry makanan dan minuman dikecamatan pancoran Jakarta selatan saat pandemic covid-19,” dalam syntax literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, Vol. 7, No. 3.
Nitisusarto Mulyadi. PerilakuKonsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2012.
Program Studi Ekonomi Islam Strata Satu Ekonomi, 2021).
Purnawan Amin Dan Siti Ummu Adilah, Hukum Dagang Dan Aspek Legaliatas. Bogor: Lindan Bestasri, 2020.
Sitorus Ade Sunday, et.al., Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung:Media Sains Indonesia, 2022.
Solihin Muhammad, et.al. Pedoman Penulisan Skripsi IAI Yasni Bungo Surabaya:Zahrafaart, 2022. Cet. 1.
Suci Rahmini Yuli. “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Di Indonesia,” dalam Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6, No. 1.
Suharsono Setiawan Riyanto, et.al. “Pengaruh Pormosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo), Dalam Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, Vol. 1, Nomor.2.
Terjemahan Per Kata (Jakarta: Citra Bagus Segara, 2013),
Wibowo Edi Dwi, et.al. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan,” Dalam Indonesian Jurnal Of Halal Vol. 1, No. 1.
Wijayanto Indra, et.al. “Pengaruh Citra MerekTerhadap Loyalitas Konsumen,” Dalam Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1 No.3.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan dan Manajemen Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.