Preferensi Mahasiswa Terhadap Keputusan Memilih Kuliah di Institut Agama Islam Yasni Bungo (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Yasni Bungo)
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i2.519Keywords:
Reputasi, Persepsi Biaya pendidikan, LokasiAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh reputasi, persepsi biaya pendidikan, dan persepsi lokasi terhadap preferensi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam dalam memilih IAI Yasni Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. hasil penelitian menunjukkan Reputasi, Persepsi Biaya pendidikan, dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa memilih kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Yasni Bungo, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh antara reputasi, persepsi biaya pendidikan, dan persepsi lokasi dalam diri mahasiswa IAI YASNI yang berdampak pada peningkatan preferensi mahasiswa memilih kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Yasni Bungo.
Downloads
References
Lukman Nasution & Muhammad Rapono , Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Perguruan Tinggi Di Sumatra Utara Melalui Analisi SWOT ( Study Kasus UMN AL Washliyah Medan , Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen , Vol.5 , Nomor 1, 2018, h. 11
Safriadi, Pengembangan Perguruan Tinggi Islam Negeri Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Jurnal Ar-Raniry,2016, h.27.
Bagian Kemahasiswaan, Akademik IAI YASNI Muara Bungo
IAI YASNI Muara Bungo “Visi dan Misi” dalam https://www.iaiyasnibungo.ac.id/statis-2-visidanmisi.html#: (Diakses pada tanggal 19 Februari 2022, Jam 22:52)
Noventi ersa putri, Dadang iskandar, “Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung”, vol. XIV, 14 Agustus 2017, h. 116-117
Ellen kurnia sari, “Pengaruh Potensi, Persepsi, Preferensi, dan Perilaku Masyarakat Musli Surabaya Terhadap Wakaf Uang dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening”, vol 07, April 2017, h. 1332
Waska Warta, Manajemen Reputasi,(Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2017), h. 13-14
Karina Pradityas Putri,”Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan dan Fasilitas PendidikanTerhadap Keputusan Mahasiswa Melanutkan Studi Pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang”, (Skripsi,Universitas Dionegoro, Semarang, 2011)
Nanang Fattah, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, (Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA, 2012), h. 23-24
Waska Warta, Manajemen Reputasi, (Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2017) h. 13
Eka Nopitasari, Skripsi: Pengaruh Lokasi, Produk, Reputasi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan MahasiswaIAIN Surakarta Menggunakan Bank Syariah (Surakarta: IAIN Surakarta, 2017).
Jauharul Maknunah, Pengaruh Biaya Pendidikan dan Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa di STMIK PPKIA PRADNYA Paramita Malang, Dinamika Dotcom, Vol. 4, No. 1, h.93.
Muhammad Arif, Skripsi: Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan melanjutkan studi pada progrm sarjana (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, 2018).
Andriani Kusumawati, Perilaku Konsumen dan Pemasaran Pendidikan Tinggi Konsep dan Aplikasinya dalam Penelitian, h.87.
Derojatul Jannah, Skripsi: Pengaruh Brand Image, UKT, dan Lokasi Terhadap Keputusan Mahasiswa Angkatan 2018 Memilih UIN Sunan Ampel Surabaya.
Noventi ersa putri, Dadang iskandar, “Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung”, vol. XIV, 14 Agustus 2017, h. 116-117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan dan Manajemen Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.