Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Dan Sistem Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Di Kantor Cabang Pembantu Muara Bungo

Authors

  • Neti Zuhelti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Busriadi Busriadi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v3i1.326

Keywords:

Kepuasan Nazabah, Layanan Mobile Banking

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Penggunaan Mobile banking dan Sistem Syariah terhadap kepuasan Nasabah di Bank Syariah Mandiri di Kantor Cabang Pembantu Bungo.Penelitimenggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda.Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah populasi nasabah BSM KCP Bungo tahun 2019, yaitu sebanyak 679 nasabah.Dari Populasi tersebut diperolehlah sampel penelitian sebanyak 88 nasabah.Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik slovin.Kemudian, untuk pengambilan data penulis menggunakan anket kuesioner.Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis menggunakan statistik SPSS (Statistical Package for the Sosial Sciences) Versi 20.0.Berdasarkan hasil uji analisis secara keseluruhan, akhirnya didapatlah informasi bahwa, Kualitas layanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandir KCP Muara Bungo.Kemudian, berdasarkan uji parsial terlihat bahwa ada dua variabel yang berpengaruh secara signifikan, yaitu kualitas layanan mobile banking dan system syariah yang murah, terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking pada Bank Syariah Mandiri KCP Muara Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Ifham. 2015. Ini Lho Bank Syariah, Memahami Bank Syariah Dengan Mudah. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Albuzar. 2016.“kualitas layanan terhadap minat nasabah menabung di Bank Mandiri Syariah Cabang Jambi” skripsi, Institut. Agama Islam Negeri Jambi.
Amaliah dan Westiriani. 2013. Preferensi Produk-produk Syariah Bandung:Mizan.
Bank Syariah Mandirih."Sejarah Bank Syariah Mandiri". ttp//www.syariahmandiri.co.id/tentang-kami/sejarah. Diakses pada tanggal 20 septenber 2018.
Danang Sunyoto dan Fathonah Eka Susanti. 2015. Pengelola Dan Membidik Pusar Jasci, Jakarta: Pertama.
Dokumentasi Bank BSM Muara Bungo
Freddy Rangkuti, Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan Iso 9001.
Irfan Nurahmadi Harish, 2017. “Pengaruh Kepercayaan Nasabah dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Depok),”Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
James F. Engel, dkk. 1992. Perilaku Konsumen, ahli bahasa FX Budiyanto. Jakarta:Binarupa Aksara.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
M. Nur Rianto Al Arif. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jakarta: Erlangga.
Philip Kotler. 2000. Marketing Manajemen. New Jersey:Prentice Hall.
Putra, Giardo Permadi, dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 48
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi dan Metode R&D. Bandung:Alfabeta
Sukri Amran Rizal. 2016. "Bank Syariah Terpercaya Pilihan Mitra Usaha". Dalam Majalah Kontan Edisi 38 Desember.
Suyono. 2015. Analisis Regresi Untuk Penelitian, Jakarta : Budi Utama.
Thomas S. Kaihatu, Achmad Daengs, dan Agoes Tinus Lis Indrianto, Manajemen Komplain.
UU Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998, Tentang perubahan UU No. 7 Tahun 1992 tentangPerbankan (Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 1998 Nomor 2301).
Wikipedia bahasa Indonesia"Sejarah Bank Syariah Mandiri".https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Syariah_Mandiri. Diakses Pada Tanggal 20 September 2020.
Yudi W.Arthana R dan Novi Rianti."Pengaruh Minat Individu terhadap Pengguanan Mobile Banking" dalam Jurnal Informasi Volume VII no.1 /februari/2015.

Downloads

Published

2022-01-11

How to Cite

Zuhelti, N., & Busriadi, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Dan Sistem Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Di Kantor Cabang Pembantu Muara Bungo. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 3(1), 26–44. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v3i1.326

Most read articles by the same author(s)