Pengaruh Tekonlogi Informasi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Di Provinsi Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v2i2.210Keywords:
Teknologi, Kepuasan Nasabah, Pegadaian SyariahAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh teknologi terhadap kepuasan nasabah. Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena bisnis PT. Pegadaian Syariah (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. permasalahan penelitian ini adalah bagaimana membangun kepuasan nasabah tercapai sesuai harapan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur kinerja Mutu pelayanan. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran manajemen hubungan pelanggan. Peneliti memasukan unsur Efektivitas Ragam Teknologi yang Ditawarkan, Teknologi yang Mudah Dipergunakan, Teknologi yang Tepat Guna dan Teknologi yang Berfungsi dengan Baik yang memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan metode kuantitatif dengan tujuan menguji pengaruh antar variabel yang diteliti melalui pengujian hipotesis Penelitian ini mempergunakan 110 responden dan keseluruhan responden adalah nasabah PT. Pegadaian Syariah (Persero) Tbk. Di Provinsi Jambi. Analisis data mempergunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program komputer Amos 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berdampak positip dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini melahirkan sebuah penyermpurnaan yang bersifat memperkuat justifikasi penelitian terdahulu di mana penelitian ini mengembangkan kajian pengaruh mutu pelayanan dengan memperluas kajian terhadap kepuasan nasabah.
Downloads
References
Agus Sulastiyono, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta, 2008.
Ariani Wahyu D, Manajemen Operasi Jasa, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.
Cronin, J. Joseph Jr. dan Taylor, Steven. 1992. “Measuring Service Quality :Reex Amination and Extension†Journal of Marketing.Vol. 56.
Dash, Satyabhusan., Ed Bruning., and, Kalyan Ku Guin, 2006. " The Moderating Effect Of Power Distance On Perceived Interdependence And Relationship Quality In Commercial Banking ", International Journal of Bank Marketing, Vol. 21, No. 5.
Faesal Badroen, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Kencana.2007.
Fatwa MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002
G. Armstrong and P. Kotler, Marketing: An Introduction, Pearson Education, Upper Saddle River, NJ, USA, 10th edition, 2011.
Gounaris, Spiros P., Vlassis Stathakopoulos., and, Antreas D. Athanassopoulos, 2003." Antecedents to Perceived Service Quality: An Exploratory Study In The Banking Industry ", International Journal of Bank Marketing, Vol. 21 No. 4.
Habiburrahim, Buku Saku Pegadaian Syariah. Jakarta Timur: Kuwais, 2012.
Hani ‘Arab, Maharats At-Tafkir Wa Al-Bahts Al-‘Ilmi, tt: Rendezvous Sientific Researches, 2009.
Herry Ahmad Buchory dan Djaslim Saladin, Dasar-Dasar Pemasaran Bank, (Bandung: Linda Karya, 2006.
Herry Sutanto dan Khaerul Umam, Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia, 2013
http://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan ojk/POJK-Usaha-Pergadaian.pdf
https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/datadan-statistik 29 Mei 2019. Diakses pada tanggal 29 Juni 2019
Inggang Perwangsa, Nuraalam, Manajemen Hubungan Pelanggan Perbankan Syariah Indonesia. Sleman : CV Budi Utama, 2018.
Irawan Handi, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Elex Media, 2007.
Jones, Tim., and, Shirley F. Taylor, 2007. " The Conceptual Domain Of Service Loyalty: How Many Dimensions ", Journal of Service Marketing, Vol. 21 No. 1.
Kang, Gi-Du, "The Hierarchical Structure Of Service Quality: Integration Of Technical And Functional Quality", Managing Service Quality, vol. 16 No. 1, 2006.
Kasim, Mohd Norizan., and Abdel Kader Mohammed Ahmed Abdulla (2006) " The Influence Of Attraction On Internet Banking: An Extension To The Trustrelationship Commitment Model ", International Journal of Bank Marketing, Vol. 24 No. 6.
Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Jilid 1dan 2. Jakarta: PT Indeks, 2007.
Kotler, Phillip & Garry Armstrong, Principles of Marketing. 11 th Edition, Prentice Hall International Inc. New Jersey. 2006.
Lovelock, et. al., Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, dan Strategi. Jakarta: Erlangga, 2010.
Moenir, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara, 2002.
Moh Nazir, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005
Payne, A, Handbook Of CRM: Achieving Excellence in Customer Management. Great Britain: Elsevier Ltd. 2008.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31 /POJK.05/2016 Tentang Usaha Pergadaian
Peraturan Pemerintah Republik Indonesianomor 103 Tahun 2000 tentang perusahaan Umum (Perum) Pegadaian
Philip Khotler,dkk, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Indonesia, 1996.
Sari dan Irine Diana. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan, Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset, 2008.
Sharma, Alka., and Versha Mehta (2005), “ Service Quality Perceptions In Financial Service-A Case Study Of Banking Services “, Journal of Service Research, vol. 4, 2005.
Sri Widyastuti, Membina Keakraban Pelanggan: Manajemen Hubungan Pelanggan Sejati, Jakarta Selatan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas, 2016.
Sutrino, Edy. Budaya Organisasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Tim Markenis. Customer Satisfaction and Beyond, Yogyakarta: Markenis, 2009.
Tjiptono Fandy dan Chandra, Gregorius. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi, 2007.
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing, 2006.
Tseng, Yi Ming, 2007, " The Impacts Of Relationship Marketing Tactics On Relationship Quality In Service Industry ", The Business Review, Vol. 7 No. 2.
Ueltschy, et. al., “ Service Quality And Satisfaction: An International Comparison Of Professional Services Perceptions “, Journal of Services Marketing, Vol. 21 No. 6. 2007.
Yap, Kenneth B., and, Jillian C. Sweeney, 2007. " Zone-Of-Tolerance Moderates The Service Quality-Outcome Relationship " Journal of Service Quality, Vol. 21 No. 2.
Zahay, Debra., and, Abbie Griffin, 2004. " Customer Learning Processes, Strategy Selection, And Performance In Business To Business Service Firms " Decision Sciences, Vol. 35 No. 2.
Zainuddin Ali, Hukum Ekonomi Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Zainuddin Ali, Hukum Perbankan Syariah, Jakarta: Sinar Grafika, 2008
www.ojk.go.id
www.pegadaian.co.id