Pengaruh Kualitas Produk Kosmetik Batrisyia Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Queen Batrisyia Muara Bungo)

Authors

  • Neti Zuhelti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Lina Ade Chusmita Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Busriadi Busriadi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v1i1.283

Keywords:

Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kualitas Produk Kosmetik Batrisyia Terhadap Loyalitas Konsumen pada Queen Batrisyia Muara Bungo. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah telah terdapat beberapa permaslahan di dalam pengelolaan manajemen Queen Batrisyia, sehingga terjadi penurunan pendapatan dan jumlah konsumen dalam pembelian produk, hal ini tentunya secara otomatis berimbas kepada penurunan omset usaha. Permaslaahan tersebut juga diperkeruh dengan banyaknya keluhan konsumen atas kualitas produk. Dari beberapa permasalahan di atas, penulis mengindikasikan bahwa adanya ketidakpuasan konsumen terhadap produk, karena banyak konsumen tidak merasa cocok dalam menggunakan produk tersebut. Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Linear Sederhana. Sampel penelitian terdiri 60 orang responden menggunakan teknik persampelan acak dan sederhana (simle random sampling). Data dianalisis menggunakan statistik SPSS (Statistical Package for the Sosial Sciences) Versi 20.0. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana didapatkan a = Nilai konstanta sebesar 9,815, yang mempunyai arti bahwa Kualitas Prosuk (X) bernilai konstan (0), maka Loyalitas Konsumen sama dengan 9,815. Sedangkan b = Nilai koefisien regresi sebesar 0,160 ini bermakana bahwa setiap terjadi peningkatan 1% pada kualitas produk (X), akan mendorong Loyalitas Konsumen (Y) sebesar 0,160. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X) terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y) mempunyai pengaruh secara signifikan. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) terdapat pengaruh signifikan antara variabel Kualitas Produk (X) terhadap variabel Loyalitas Konsumen (Y) dengan kontribusi pengaruh sebesar 26,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Dita Putri, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Admisnistrasi Bisnis (JAB). Vol. 37
Cindy Phasalita Widayatma, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, Vol. 7 No. 3, 2018, hal. 28
Friantoni & Ernawati, Analisis Perilaku, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Produk Kosmetik Merek Batrisyia Herbal
Habibah, Ummu & Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol. 1
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Putra, Giardo Permadi, dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 48
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi dan Metode R&D. Bandung: Alfabeta
. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Suyono. 2015. Analisis Regresi Untuk Penelitian, Jakarta : Budi Utama.

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Zuhelti, N., Chusmita, L. A., & Busriadi, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Kosmetik Batrisyia Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Queen Batrisyia Muara Bungo). ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v1i1.283

Most read articles by the same author(s)