Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Tinjauan Konsep Pemasaran Syariah di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas

Authors

  • Mutmainnah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Zaki Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v5i1.549

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pemasaran Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran UMKM ditinjau konsep syariah studi pada  Kue Mak Beben dan Bakso Bersama, Sate Ayam Mukiah UMKM dusun Lubuk Landai.Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran ang di terapkan pedagang UMKM Lubuk Landai terdapat berbagai macam Strategi yang di gunakannya. Meskipun ada kesamaan strategi pemasarannya antara pedagang UMKM namum mempunyai perbedaan dalam di setiap pemasarannya di masing-masing UMKM diantara seperti pedagang UMKM kue mak Beben Lebih fokus berjualan di Via Whatsapp dan Facebook untuk mendapatkan jangkauan yang luas mendapat konsumen (pelanggan).Namun dari hasil penelitian konsep pemasaran Syariahnya dari tiga pedagang UMKM  seperti mana yang sudah di jelaskan di bab VI sudah menerapakan prinsip syarian baik dalam  praktik dan pengelolaannya sesuai ajaran Al-quran dan Al- Sunah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17-31.

Anonim, Buku Panduan Penulisan Skripsi. Bungo: IAI Yasni, 2021

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing science, 48(1), 79-95.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of management, 17(1), 99-120.

Digital Al-Quran (http://www.alquran-digital.com)

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 6176.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52-62.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 14(1), 15-30.

Keller, K., & Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kominfo. (2013). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Diakses pada 24 Februari 2023, pukul 15.38, dari https :// kominfo. go. Id / index. Php / content / detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

Nabila, D., Elvaretta, O., Zahira, G., & Syarief, D. M. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang: PT. Citra Intrans Selaras.

Nurhidayat, N. (2020). Pendekatan Ekonomi Syariah Dalam Menyelesaikan Masalah Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 17-34.

Panjaitan, R. (2022). The Role of Competitiveness Mechanism Protection of Marketing Performance: Resource-Advantage Theory Perspective. KINERJA, 26(1), 1-15.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.

Purnama Putra dan Wiwik Hasbiyah, “Teoritis dan Praktik Pemasaran Syariah,” (Depok : Rajawali PERS, 2018)

Putri, M.A & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance 4(2), 431-444

RI, Pusat Humas Kementerian Perdagangan. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan Ri. Cetakan Pertama. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat.

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308-315.

Setiawan, I. (2021). Pembiayaan Umkm, Kinerja Bank Syariah Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(2), 263-278.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2020.

Suryani, ita. 2015. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi Sosial Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi ISSN 1907898X. 8 (2), April 2014:123-138.

Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 110.

Wulandari, R., Choiriyah, Meriyati. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Perkembangan UMKM Dapoer Kemas Nyimas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Palembang Tahun 2020-2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 2(2), 463-471.

Yudityawati, D.K , & Fitriyah, H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. 8(1), 42-48

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Mutmainnah, & Zaki, M. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Tinjauan Konsep Pemasaran Syariah di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas. ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan Dan Manajemen Syariah, 5(1), 58–66. https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v5i1.549