Mengatasi Marginalisasi Suku Anak Dalam Melalui Pedidikan Keagamaan di Dwi Karya Bakti

Authors

  • Selvia Nelis Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Iswantir Iswantir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.963

Keywords:

Suku Anak Dalam, Marginalisasi, Pendidikan Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan keagamaan dalam mengatasi marginalisasi yang dialami oleh Suku Anak Dalam di wilayah Dwi Karya Bakti. Marginalisasi yang terjadi meliputi aspek sosial, ekonomi, dan budaya, di mana kelompok ini kerap tersisih dari akses layanan dasar, termasuk pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dengan melibatkan tokoh agama, pendidik lokal, serta anggota komunitas Suku Anak Dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keagamaan bukan hanya menjadi sarana pembelajaran nilai-nilai spiritual, tetapi juga menjadi jembatan sosial yang memperkuat identitas, membuka akses terhadap pendidikan formal, dan meningkatkan partisipasi sosial masyarakat Suku Anak Dalam. Kegiatan keagamaan turut membangun rasa percaya diri, solidaritas komunitas, dan pemahaman lintas budaya dengan masyarakat sekitar. Dengan demikian, pendidikan keagamaan berperan strategis dalam proses pemberdayaan dan integrasi sosial komunitas terpinggirkan ini. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sinergi antara lembaga keagamaan, pemerintah, dan masyarakat untuk memastikan keberlanjutan program pendidikan berbasis nilai lokal dan spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Zain Sarnoto, ‘Budaya Lokal Dan Pendidikan Islam : Studi Kasus Suku Anak Dalam’, Pengaruh Kurikulum Lokal Dan PAI, 8.1 (2021), pp. 1–16

Asniah, A, ‘Sekarang Suku Anak Dalam Sudah Banyak Yang Memeluk Agama Islam Dan Memiliki Sebuah Perkampungan Di Setiap Kabupaten Di Provinsi Jambi’, 2023, pp. 1–23

Fuadi, Ahmad, Ardi Muthahir, and Musi Rawas Utara, ‘PERKAWINAN ADAT SUKU ANAK DALAM ( SAD ) PERSPEKTIF UU NO . 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN ( Studi Kasus Di Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan ) Ahmad Fuadi , Fitriyani , Ardi Muthahir , Devi Anggreni . Sy . 2 Universitas Bina Insan , Lu’, no. 1 (1974), pp. 21–29

Hari, Tumenggung, ‘Wawancara’ (Dwi Karya Bakti), p. 14.00 wib

Hilmi, Rafiqi Zul, Ratih Hurriyati, and Lisnawati, ‘BUDAYA LOKAL DAN PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KASUS SUKU ANAK DALAM DI JAMBI’, 3.2 (2018), pp. 91–102

Menurut, Muhammadiyah, and Pemikiran K H Ahmad, ‘Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ( TPBIS ) Berdasarkan Perspektif Pendidikan Moderasi Beragama’, 3 (2025), pp. 234–50, doi:10.62083/h9jdsx06

Noor, Nina Nobelia, and others, ‘Pendidikan Politik Bagi Perempuan Sebagai Upaya Mengatasi Marginalisasi Gender Dalam Pemerintahan’, Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 12.1 (2022), pp. 43–57, doi:10.35194/jpphk.v12i1.1607

Nurwahyuliningsih, Eka, ‘Analisis Program Pemberdayaan Komunitas Adat’, Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 22.2 (2021), pp. 86–97

‘Obsevasi’ (Dwi Karya Bakti), p. 11.00 wib

Pramudita, Galuh, and Muslihati Muslihati, ‘Eksplorasi Budaya Dalam Konseling: Kajian Nilai-Nilai Pada Suku Melayu Jambi’, JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 9.2 (2024), pp. 85–96, doi:10.21067/jki.v9i2.10142

Rahmawati, Titi, Harliana, and Anggara Setya Saputra, ‘PARADIGMA Jurnal Pengabdian Masyarakat’, 1.August (2023), pp. 39–49

Rozali, Yuli Asmi, ‘Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik’, Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19 (2022), p. 68

Sa’adah, Ika Rofiatus, ‘Model Pendidikan Anak Di Komunitas Suku Anak Dalam (Sad) Desa Sialang Kabupaten Merangin Jambi’, 2022, pp. 1–80

Salwa Andini, and Yakobus Ndona, ‘Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Dalam Mengembangkan Budaya Keadilan Sosial’, Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2.3 (2024), pp. 202–08, doi:10.55606/lencana.v2i3.3766

Saputra, Irwan, and others, ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Smpit Tq Ulil Albab Karanganyar’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6 (2024), pp. 255–65

Sari, A Permata, ‘Studi Etnobotani Pemanfaatan Jenis-Jenis Tumbuhan Obat Tradisional Oleh Suku Anak Dalam Di Dusun Selapik Sebagai Bahan Pengayaan Taksonomi Tumbuhan’, 2024 <https://repository.unja.ac.id/62436/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/62436/6/SKRIPSI FULL-PDF.pdf>

Tabuni, Abed Nego, ‘Nilai Dan Fungsi Budaya Bakar Batu Dalam Relasi Lintas Suku Di Pegunungan Tengah Papua’, Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6.1 (2023), pp. 171–85, doi:10.37329/ganaya.v6i1.2210

Tahun, Desember, and Muhammad Aldi, ‘Peran Pidato Islam Dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam : Membangun Karakter Generasi Berakhlak Mulia’, 1.3 (2024), pp. 293–303

Ummah, Masfi Sya’fiatul, ‘INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA’, Sustainability (Switzerland), 11.1 (2019), pp. 1–14 <http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI>

Walad, Muzakkir, and others, ‘Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA : TRANSFORMASI KARAKTER AGAMA’, 12 (2025), pp. 265–77

Downloads

Published

2025-04-03

How to Cite

Nelis, S., Iswantir, I., & Wati, S. (2025). Mengatasi Marginalisasi Suku Anak Dalam Melalui Pedidikan Keagamaan di Dwi Karya Bakti. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(1), 46–62. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.963

Most read articles by the same author(s)