Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK Tunas Inti Dusun Tebo Jaya Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.406Keywords:
Motorik Halus, Media Loose PartsAbstract
Latar penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap kurangnya kemampuan motorik halus siswa, serta kurangnya kemampuan siswa dalam menuangkan ide dan kreativitas mereka tanpa bantuan guru. Hal ini terlihat dari saat proses pembelajaran, seperti anak belum bisa menggerakan jari secara maksimal ketika membuat lingkaran, meniru garis, menyusun balok, melipat ataupun menggunting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media loose parts pada anak kelompok B TK Tunas Inti, Tebo Jaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan jenis penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus siswa setelah menggunakan media loose parts. Hal ini berdasarkan presentase yang didapat oleh peneliti dari hasil observasi di lapangan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dari dua siklus tersebut terjadi peningkatan sebagai berikut, peningkatakan kemampuan anak dalam motorik halus pada masing-masing siklus. Pada pra siklus capaian diperoleh Pra siklus persentase 33,3 %, pada siklus I dengan persentase 75% dan capaian pada Siklus II sebesar 91%.
Downloads
References
Annisa Kartikasari, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Di TK Al-Iqra’ Mataram Tahun Ajaran 2012/2013. â€Jurnal, PAUD 1.1 2013.
Ardian,http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-01294-AR%20Bab2001.pdf.
Fadilah. Buku Ajar Bermaind dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prena Media Grup, 2018.
Janice J. Beaty, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Diterjemahkan Oleh Arif Rakhman, Dari Judul Asli Observing Development Of The Young Child. Jakarta:Kencana, 2013.
Masganti, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, (Depok: Prenada Media, 2017.
PERMENDIKBUD No. 46. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Rohmatun, Dalam Penerapan Loose PartsTerhadap Kreativitas Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah JET: Journal Of Education And Teaching Vol. 2 No. 2.
Ratna Pangastuti, Edutainment PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
Sumantri, Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti, 2005.
Siantajani, Yulianti, Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD, Bukit Aksara dan Sarang Aksara. 2009.
Uno, Hamzah B. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. akarta: PT Bumi Aksara. 2011.
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks, 2009.