Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Tanah Liat di PAUD Ayesha Kabupaten Bungo

Authors

  • Putri Wulandari Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Feerlie Moonthana Indhra Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.612

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Bentuk Geometri, Media Tanah Liat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada siswa kelompok B Paud Ayesha melalui media tanah liat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B Paud Ayesha yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada siswa kelompok B Paud Ayesha. Meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dapat dibuktikan dengan peningkatan dari hasil observasi prasiklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada prasiklus menunjukkan rata-rata persentase 26,66%. Pada siklus I meningkat mencapai 66,65% dan siklus II meningkat mencapai persentase 83,3% dan telah memenuhi indikator keberhasilan minimal 76% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media tanah liat dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri di kelompok B Paud Ayesha Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama RI. Al-Qur’anul Karim dan Terjemah. Surakarta: Ziyad Books, 2014.

Agung Triharsono. Permainan Kreatif dan Edukatif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi, 2013.

Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Permana Media Group, 2012.

Amarodin. “Tela’ah Tafsir QS. An-Nahl Ayat 78 dan Analisisnya.” dalam Perspektive, vol. 14, no. 2.

Anik Indarwati. “Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode.” Jurnal PSYCHO IDEA ISSN 1693-1076, no. 2.

Asrul, et.al. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina SDM yang Berkarakter. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Diana Dwi Jayanti. “Pengaruh Penggunaan Media Menara Geometri dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dan Bentuk Geometri Anak Usia Dini.” Vol. 1, no. 1.

Ela Anggraini. Guru Kelas Kelompok B, wawancara di Dusun Datar, tanggal 11 Desember 2023.

Evi Rahayu. “Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 5, no. 01, 2022.

Faisal Rahmat. “Konstribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 11, ed. 2, 2017.

Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing, 2017, cet. 2.

Khadijah dan Nurul Amelia. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2020.

Khamdun, dkk. “Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Anak Tunanetra Melalui Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Tanah Liat.” Universitas Muria Kudus, 2013.

Mariati. “Penerapan Metode Bermain dalam Pengenalan Konsep Geometri pada anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal PG-PAUD FKIP UNTA, 2015.

Marlia Indriyani. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Datar Melalui Permainan Tradisional Gotri Legendri pada Anak Kleas B TK Sunan Kalijaga.” Jurnal PGPAUD, ed. 8.

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan PAUD. Jambi: Gaung Persada Press Group, 2013.

Masganti Sit. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing, 2010.

Nilawati Tadjuddin. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing, 2015.

Nova Ardy Wiyani. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grava Media, 2014.

Permendikbud No 137 Tahun 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Pasal 1.

Putri Rizki Artika. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsi Menggunakan Tanah Liat pada Kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu.” Universitas Bengkulu, 2014.

Riswandi. “Pengenalan Geometri Anak Usia Dini Melalui Media Manipulatif.” Vol. 3, no. 1.

Salman Rozana. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Sudaryanti. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY, 2006.

Sujiono, et.al. Anak dan Kemampuannya dalam Belajar. Yogyakarta: Nusa Permai, 2008.

Supriatna. “Penggunaan Tanah Liat Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Bentuk Dasar Tiga Dimensi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Cakrawala Dini, vol. 5, no. 1.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Wulandari, P., Indhra, F. M., & Adilla, U. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Tanah Liat di PAUD Ayesha Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.612

Most read articles by the same author(s)