Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Ular Tangga Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo

Authors

  • Siska Irmayati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Prengki Ade Candra Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.579

Keywords:

Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini, Permainan Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga iqro pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya. Kemampuan membaca huruf hijaiyah yang diteliti adalah membaca huruf hijaiyah secara acak dan membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir mirip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah 16 anak usia 5-6 tahun kelompok B yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan permainan ular tangga. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. 2011.

Ahmada Izza. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora. 2004.

Ananda Ismail. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Jogjakarta: Pilar Media. 2008.

Bachtiar S Backri. Pengembangan kegiatan bercerita Teknik Dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud. 2005.

Benidiktus tanujaya dan Jeine Mumu. Penelitian Tindakan kelas Panduan Belajar Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.

Chaplin J. P. Kamus Legkap Psikologi, Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2000.

Dadang Yudhistira. Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang APIK: Asli, Perli, Ilmiah, Konsisten. Jakarta: PT Grasindo. 2013.

Departmen Pendidikan Nasional. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Departmen Pendidikan Nasional. 2004.

Gagne Robert M. Dn Briggs, Lessie J. principles of instructional design. New York: Holt Rinehart and Winston. 1997.

Hamzah B. Uno, et al. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

http://kamusbahasaindonesia.org/baca, diakses pada tanggal 12 juli 2019, pukul 19.25 WIB.

Iis Maysaroh. “Metode Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTS Al Ikhwaniayah Pondok Aren”. Skripsi Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2014.

Imroatun. “Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini,” dalam The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, vol. 2.

Ira Sri Redjeki. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/ 2013”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012.

John Santrok. Live Span Human Development. Jakarta: Erlangga. 2012.

John W. Santrock. Life-Span Development. Terjemahan: Juda Damanik dan Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga. 2002.

Martinis yamin. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satua Pendidikan. Jakarta: Gau Persa Perss. 2007.

Martuti. Mengelola PAUD dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta:Kreasi Wacana. 2008.

Nafiah Nurul Ratnaningsih. “Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro, Sleman”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.

Rasyid, dkk. Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media. 2012.

Rifki Afandi. “Pengembangan Media Pembelajran Ular Tanggauntuk Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Sosial Universitas muhammadiyah sidoarjo, Jawa Timur.

Sirojuddin. Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

Slamet Suyanto. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. 2005.

Soemiarti Patmonodewo. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Sugiwati. “Bermain ular tangga untuk meninggkatkan kognitif anak kelompok A di TK Ria Buruk Utara”, Jurnal PG Paud. 2011.

Tadkiroatun Musfiroh. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas. 2005.

Tadkirotun Musfiroh. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. 2005.

Tadkirotun Musfiroh. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas terbuka. 2008.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Irmayati, S., Ade Candra, P., & Adilla, U. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Ular Tangga Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.579