Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Rules and Consequences di Raudhatul Athfal (RA) Ad-Dakwah Desa Perintis Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Julia Andini Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Misnawati Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.600

Keywords:

Karakter disiplin, Anak Usia Dini, Rules and Consequences

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan karakter disiplin anak usia dini  melalui metode Rules and Consequences di Raudhatul Athfal (RA) Ad-Dakwah Desa Perintis Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Karakter disiplin penting dalam proses pembelajaran karena dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu, siswa harus bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri dan menjaga kelas tetap kondusif. Tetapi berdasarkan penelitian awal masih banyak siswa yang kurang dalam menjalankan disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analasis data menunjukkan bahwa rata-rata persentase kedisiplinan siswa meningkat setiap siklusnya yang awalnya 46,86%.  Pada siklus I kedisiplinan siswa mencapai 71,87% dan pada siklus II kedisiplinan siswa meningkat menjadi 92,81%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Rules and Consequences berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Pustaka Indonesia, 2013.

Ana Maghfiroh. “ teaching with heart; Mendidik Anak Tanpa Hukuman”. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan 2015, Vol 1 No 1, Juni 2019.

Choirun Nisak Aulina, “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini,” PEDAGOGIA, vol. 2. No. 1, Februari 2013.

Fauziah Razak, https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/menumbuhkan-disiplin-positif-melalui-kesepakatan-kelas-konsekuensi-bersama-pada-anak-usia-dini, diakses pada tanggal 2 November 2022.

Hanik Musdalifah, dkk, “Penanaman Karakter Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Pondok Pesantren,” dalam Jurnal Kumara Cendikia, vol. 10, no. 2, 2022.

Hans Vindra dan Meiky S, “Implementasi Prosedur, Peraturan dan Konsekuensi Kelas Untuk Meningkatkan kedisiplinan Siswa Kelas 8,” dalam Scolaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol 11, no. 1, Januari 2021.

Hasriana Desti. Skripsi: “Meningkatkan Disiplin Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok Bermain di Paud Amanah kota Lubuklinggau”. Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2014.

Irma Noffia,” Mengembangkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional” e-jurnal PG PAUD, UPI. Vol. 1 Nomor 9 tahun 2015.

Lailatul Mahgfiroh, dkk, “Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang”, dalam Jurnal Pendidikan Nonformal, vol. XIV, no. 1, Maret 2019.

M. Fadillah, “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif,” Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2; Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN, Universitas Muhammadiah Ponorogo, 2016.

Mulianah Khaironi, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” dalam Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, vol. 01, no. 2, Desember 2017.

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Rick Smith. Conscious Clasroom Management: Unlocking the Secrets of Great Theacing. Inggris: Conscious Teaching Publications, 2016.

Slamet Suyanto. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005.

Sutrisno. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana, 2011.

Titik Anggraini, “Pengaruh Peraturan Kelas Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Thun Di KB TK PKP Jakarta Islamic School Cicaras Jakarta Timur”, dalam Jurnal Pendidikan PAUD, Vol 03, No. 1, 2018.

Tulus Tu’u. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: IT Gramedia Widiasarana, 2004.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14.

Widayanta. Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Andini, J., Adilla, U., Ayu Pertiwi, L., & Misnawati. (2023). Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Rules and Consequences di Raudhatul Athfal (RA) Ad-Dakwah Desa Perintis Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 48–70. https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.600

Most read articles by the same author(s)