Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Benda Alam di Kelompok A PAUD Melati Putih Kabupaten Bungo

Authors

  • Havira Pratiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Wiwin Narti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.625

Keywords:

Mengenal Angka, Media Benda Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Penerapan Media Benda Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Kelompok A di PAUD Melati Putih Dusun Tebat Kecamatan Muko-muko Bathin VII Kabupaten Bungo. (2) Mengetahui Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Benda Alam di Kelompok A di PAUD Melati Putih Dusun Tebat Kecamatan Muko-muko Bathin VII Kabupaten Bungo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tindakan yang dilakukan selama 2 siklus, mengalami peningkatan pada anak dalam mengenal angka. Pada pra siklus baru mencapai 33,33%, pada siklus I mencapai 58% dan pada siklus II sudah mencapai 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui media benda alam dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka di PAUD Melati Putih Dusun Tebat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah. Bekasi: CV Cipta Bagus Segara, 2013.

Afi Parnawi. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Arif S Sadiman, et.al. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Dedy Andrianto. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013.

Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2021. Cet. 1.

Muchtar A Karim, et.al. Pendidkan Matematika 1. Jakarta: Kemendiknas, 2011.

Musfiroh Tadkirotun. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangeran: Universitas Terbuka, 2012.

Nadia Fauziah. “Penggunaan Media Benda Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak”, dalam Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - V, Vol. 8, No. 1, 2013.

Pitadjeng. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2011.

Pudjiati. Mengasah Kecerdasan di Usia 4-6 tahun. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013.

Retno Pudjiati. Bermain Bagi AUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2013.

Slamet Suyanto. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat, 2015.

Sudaryanti. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Trianto. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana, 2011.

UU Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Lembaga Negara RI Tahun 2014 No. 137).

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Pratiwi, H., Narti, W., & Ayu Pertiwi, L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Benda Alam di Kelompok A PAUD Melati Putih Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 140–152. https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.625

Most read articles by the same author(s)