Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B Dengan Model Cooperative Learning di RA An-Nuur Dusun Tanjung Agung
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.416Keywords:
Sosial Emosional, Cooperative LearningAbstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age dan sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B di Raudhatul Athfal An-Nuur Dusun Tanjung dengan menggunakan model Cooperative Learning. Berdasarkan perolehan tingkat keberhasilan perkembangan sosial emosional anak di siklus I dan siklus II diketahui bahwa terjadi peningkatan yang signifikan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Downloads
References
Isjoni, Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekanbaru: Alfabeta, 2017.
Julia Maria van Tiel. Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan PAUD. Jambi: Gaung Persada Press Group, 2013.
Miftahul Huda. Cooperative Learning: Metode, Tekhnik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Novi Mulyani. Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia, 2016.
Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Tukiran Taniredja. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, 2015.
Yunita, Riny. Kecerdasan Emosiâ€https://eprints.uny.ac.id/9683/ 3/bab%202.pdf diakses pada tanggal 5 Agustus 2020.