Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Membatik Dengan Teknik Ecoponding Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini Cahaya Bunda Dusun Renah Sungai Ipuh Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.614Keywords:
Kreativitas Seni Membatik, Teknik EcopoundingAbstract
penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kreativitas Seni Membatik Anak Dengan Teknik Ecopounding Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Cahaya Bunda Dusun Renah Sungai Ipuh Kabupaten Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Meningkatkan kreativitas Seni Membatik Anak Dengan Teknik Ecopounding pada anak usia 4- 5 Tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1). Bagaimana Proses Pelaksanaan Pembelajaran membatik anak dengan teknik ecopounding pada anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya Bunda Dusun Renah Sungai Ipuh (2). Bagaimana hasil peningkatan kreativitas seni membatik anak dengan menggunakan teknik ecopounding pada anak usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya Bunda. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kemmis and Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan capaian kemampuan kreativitas seni anak prasiklus sebelum adanya tindakan persentase 26,6% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), pada Siklus I Pertemuan 1 dengan persentase 40,6% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), siklus I Pertemuan 2 dengan persentase 62,7% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan capaian pada Siklus II Pertemuan 1 sebesar 74,9% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), Siklus II Pertemuan 2 dengan persentase 85,4% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan Tindakan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Ecoponding pada anak usia 4-5 tahun dapat meningkatkan kreativitas seni membantik anak di Pendidikan Anak Usia Dini Cahaya Bunda Dusun Renah Sungai Ipuh kabupaten Bungo.
Downloads
References
Afi Parnawi. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Aisyah, “Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini”, E-Jurnal Obsesi PAUD, Vol 1, No. (2), (2017), 120.
Ayu Sri Menda Br Sitepu. Pengembangan Kreativitas Siswa. Medan: Geupedia, 2019.
Dwi Susilowati, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran”, dalam Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. II, no.1.
Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2021.
Lutfi Maulana Hakim, ‘Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa Dan Nation Brand Indonesia’, Nation State Journal of International Studies, 1.1. 2018.
Mursid. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2015.
Rachma Hasibuan and Nur Ika Sari Rakhmawati, ‘Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Eco Print Di Masa Pandemic Covid-19’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.2. 2021.
Ratna Saraswati and Ratri Candra Restuti, ‘Buku Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint Dalam Menunjang Pariwisata M . H . Dewi Susilowati Ratri Candra Restuti Fajar Dwi Pamungkas Departemen Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam I Indonesia Universitas’, October, 2020.
Sheyla Octariza & Siti Mutmainah, ‘Teknik PoundingPada Anak Sanggar’, Jurnal Seni Rupa, Vol. 9, No. 2, 2021.
Utami Munandar. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Yeni Rahmawati & Euis Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: kencana, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.