Meningkatkan Kemampuan Berbicara Santun Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan di Raudhatul Athfal Nurul Islam Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.408Keywords:
Anak Usia Dini, Bicara Santun, Bercerita Dengan Boneka TanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bicara santun anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan di kelompok B Nurul Islam II Dusun Benit, Desa Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Muara Bungo. Dalam penelitian ini, penelitian yang ditetapkan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan (2) dua siklus terhadap anak sebanyak 15 anak. Pada siklus pertama (1) terdapat 5 kali pertemuan. Dan siklus ke dua terdapat 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perancanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, Dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bicara santun anak pada kelompok B Nurul Islam II Dusun Benit. Hal ini terlihat pertemuan siklus 1 nilai rata-rata anak meningkat dari 6.6% menjadi 66.6% dan pada siklus II, mengalami peningkatan yang tertingi terlihat dari nilai rata-rata dari 66% meningkat menjadi 86%. Hal ini dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan 80%, maka metode bercerita dengan boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bicara santun anak pada kelompok B RA Nurul Islam II Dusun Benit. Dan masalah yang dihadapi oleh guru RA Nurul Islam II Dusun Benit pada tahun ajaran 2020 telah terpecahkan.
Downloads
References
A.L. Simanjuntak, Seni Bercerita Cara Bercerita Efektif, Jakareta: BPK Gunung Mulia.
Ainna Amalia Dkk, Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2018.
Enny Zubaidah, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pendidikan Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Unipersitas Negri Yogyakarta, 2016.
Fadillah, Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2017.
Fahrudin Eko Hardiyanto, Bunga Rampai Artikel Humaniora Kata Pencerah Jiwa, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.
Harjani Hefni, Komonikasi Islam, Jakarta: Prenadamedia, 2017.
Lilis Madyawati, Srategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2017.
Marisa Humaira, Membangun Karakter dan Melejitkan Potensi Anak Seni Mendidik Anak Islam, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2019.
Markhamah, Atika Subardillah, Analisis Kesalahan Dan Karakteristik Bentuk Pasif, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakerta Press, 2014.
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD, Jakarta: Gaung Persada, 2010.
Muhammad Abdul Tausikal, https/rumaisyoh. Com/nasehat-luqman-pada-anaknya-jangan-berbicara- keras-seperti-keledai.html. Diakses pada tangan 23 Mei 2012.
Mursid, Pengembangan Pembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya 2015.
Novi Mulyani, Penkembangan Dasar Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2018.
Nurbiana Dhini, Dkk, Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.
Nyoman Wirya, Nice Malyani Asri, Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tanggan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak, (e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Genesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2015), Vol, 3 No. 1.
Rini Hildayani, Dkk, Psikologi Perkembangan Anak, Banten: Universitas Terbuka, 2017.
Sabil Risaldy, Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima, 2015.
Shilphy, Octavia, Sikap Dan Kenerja Guru Pofesional, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.
Taufik Hidayat, Rina Agustiani, “Rancangan Srategi Pendidikan Berbahasa Santun Dalam Pembelajaran Berbicara, (dalam Jurnal Ilmiah Pend, Bhasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 2019), Vol. 9, No. 2.
Toto Edidarmo, Mulyadi, Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak, Semarang: Karya Toba Putra, 2002.
Wahyu Madya Gusnawan, Srategi Bercerita Keoada Anak, Yogyakarta: CV Solusi Distribusi, 2018.
Wandi Zarman, Ternyata Mendidik Anak Cara Rasululloh Itu Mudah Dan Lebih Efektif, Bandung: Penerbit Ruang Kata Imprint Kawan Pustaka, 2011.
Warsiman, Sosiolinguistik Teori Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran, Malang: Tim UB Press, 2014.
Wiwik Puspitasari, Pintar Bercerita, Jawa Tenggah: Percetakan CV Oase Group, 2019.
Yaya Kurnia, Pengembangan Nilai Moral Di Taman Kanak-kanak, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak, buku, diterbitkan, 2019.