Meningkatkan Kecerdasan Spritual Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Zuhdiah Zuhdiah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Solihin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

Anak usia dini, Kecerdasan spiritual, Media cerita bergambar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan spiritual anak usia dini melalui metode bercerita. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Al-Muttaqin dusun Tanah Periuk. Penggunaan data lapangan menggunakan lembar observasi yang berupa BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) dan dokumentasi. Pengambilan data tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan kecerdasan spiritual melalui media cerita bergambar Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui cerita bergambar meningkatkan kecerdasan spiritual anak kelompok B di PAUD Al-Muttaqin Dusun Tanah Periuk. Hali ini terlihat pertemuan Siklus 1 persentase anak nilai rata-rata dari 27% meningkat menjadi 46% dan Pada siklus II, mengalami peningkatan yang tinggi terlihat dari nilai rata-rata anak mengalami jumlah peningkatan menjadi 76% Hal ini dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Maka melalui cerita bergambar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak kelompok B di PAUD Al-Muttaqin Dusun Tanah Periuk yang telah diterapkan telah tercapai dan rumusan masalah Apakah dengan melalui media cerita bergambar dapat meningkatkan kecerdasan Spritual anak kelompok B di PAUD Al-Muttaqqin Dusun Tanah Periuk Kecamatan tanah Sepenggal telah terpecahkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-16

How to Cite

Zuhdiah, Z., Solihin, M., & Wiseza, F. C. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Spritual Melalui Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–32. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/alayya/article/view/374