Meningkatkan Penggunaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia Dini Melalui Thariqah Sam’iyah Syafawiyah di TK Lab School Integrated Kecamatan Bathin III

Authors

  • Arifatul Hasanah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Iber Marza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.993

Keywords:

Kosa Kata Bahasa Arab, Metode Thariqah Syam’iyah Wasafawiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengunaan kosa kata Bahasa Arab dengan Metode Thariqah Sam’iyah Wasafawiyah pada anak kelas B TK Lab School Integrated Bungo, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian anak kelas B Lab School Integrated Bungo yang berjumlah 17 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dengan menyebut nama menggunakan bahasa arab,observasi, dan dokumentasi.  Indicator keberhasilan siswa yang harus di capai dengan tuntas rerata di atas 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kosa kata bahasa arab melalui Metode Thariqah Sam’iyah Wasafawiyah dapat meningkatkan penggunaan kosa kata bahasa arab siswa kelas B Lab School Intgreted Muara Bungo. Peninggkatan penggunaan kosa kata pada pra tindakan sebesar 38,62%, pada siklus I meningkat menjadi 48,50%, peningkatan pada siklus II 84,51%. Pada tindakan ini siswa menghafal,menyimak dan mengucapkan kosa kata bahasa arab meningkat hingga mmencapai 84,51%. Pada siklus I dan II menggunakan Metode Thariqah Sam’iyah Wasafawiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.R. Natasya Syyidah Ahsan, “Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidayah“prosiding semnasbama IV Jilid I, Universitas Negri Malang.

Ahmad Susanto. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep & Teori). Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Busyairi Madjidi. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Sumbangsih Offset. 1994.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia. 2019.

Fauziddin Mohammad Dan Fikriya Makhyatul “Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata” dalam journal for education research, Vol. I.

Hamid, M. A. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab: Untuk Studi Islam. Malang: UIN-Maliki Press. 2013.

Martinis yamin. Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Santoso. Soegeng Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pendirinya. Jakarta: Citra Pendidikan. 2011.

Suja’i. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press. 2008.

UU Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Ayat 14.

Zahratun Fajriah, “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar” Dalam Pendidikan Usia Dini, Vol. ix, No. 1.

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Hasanah, A., Adilla, U., Wiseza, F. C., & Marza, I. (2025). Meningkatkan Penggunaan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia Dini Melalui Thariqah Sam’iyah Syafawiyah di TK Lab School Integrated Kecamatan Bathin III. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 62–71. https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.993

Most read articles by the same author(s)