Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik dengan Media Pelepah Pisang Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Pelita Hati Kabupaten Bungo

Authors

  • Putri Permata Sadi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novita Nurul Hidayah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Misnawati Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v3i2.607

Keywords:

Kreativitas anak membatik, Pelepah pisang

Abstract

Sebagian besar anak belum mengetahui kreativitas dalam pelajaran membatik, kurang nya pengetahuan, keterbatasan bahan ajar, dan tidak menggunakan media saat mengajar sehingga proses belajar mengajar sedikit terhambat dengan menggunakan media pelepah pisang bertema tanaman di harapkan mampu menjawab tujuan dalam penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui teknik membatik dengan media pelepah pisang di PAUD Pelita Hati Limbur Baru. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Model Kemmis and Taggart merupakan model kedua yang dikembangkan atas dasar ide ahli Kurt Lewin. Dalam model ini masing-masig mencakup sejumlah siklus, terdiri dari tahap-tahap: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Proses pembelajaran di PAUD Pelita Hati oleh 20 anak dengan usia 4-5 Tahun. Penggunaan media pelepah pisang dalam pembelajaran kreativitas anak, membuat anak-anak antusias untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian dibuktikan adanya peningkatan kreativitas anak dalam membatik. Kondisi sikilus I persentase rata-rata meningkat menjadi 58,74%dan persentase rata-rata pada siklus II mampu meningkat hingga 85,62%dan melebihi nilai acauan atau standar dari skolah yaitu 75%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi penigkatan terhadap kemampuan kreativitas anak melalui membatik dengan pelepah pisang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbari, O., & Sahibzada, J. “Students’ self-confidence and its impacts on their learning process,” American International Journal of Social Science Research, 5, 2020.

Asti Musman dan Ambar B. Arini. Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: Gmedia, 2011.

Bunda Kasia, “Mengecap Motip Bunga dengan Pelepah Pisang.” Http://www.duniabelajaranak.id/craft/kak-zepe-mengecap-motip-bunga-dengan-pelepah-pisang/. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023.

Dela Marisa. ”Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Seni Membatik dengan Mengecap dari Buah Belimbing”. Skripsi, Universitas Islam Negri Raden Intan Bandar Lampung, 2019.

Diana Vidya Fakhriyani, “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini,” dalam Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, vol. IV, no. 3.

Fitri Yaning Tyas. “Analisis Semiotika Motif Batik Khas Samarinda,” dalam Ilmu Komunikasi, vol. I, no. 4, 2013.

Guslinda dan Rita Kurnia. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV.Jakad Publishing, 2018.

Jusrin Efendi Pohan. Pendidikan Anak Usia Dini. Depok:Rajawali pers, 2020.

Masganti Sit dan Khadijah. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Mochammad Sigit Ramadhan. “Eksplorasi motif jawa Hokokai Dengan Teknik Batik Cap Pada Material Denim,” dalam Atrat, vol. VI, no. 3.

Nani Rosana Erman dan Siti Wuryani. Kreasi dari Pelepah Pisang dan Limbah Kelapa. Surabaya: Tiara Aksa, 2007.

Pupung Puspa Ardini dan Anik Lestarinigrum. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Prabon Nganjuk: Adjie Medika Nusantara, 2018.

Putri Fatrisia. ”Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Pelepah Pisang”. Skripsi, Universitas Islam NegriRaden Intan Lampung, 2020.

Reza Firmansyah, “Spirit Kreativitas Masa Pandemi Perspektif Al-Azhar dan An-Nuur: Study QS.Al-Baqarah (2) 219-220”. Jurnal, Ushuluddin Studies, 2021.

Sri Dwi Juliani. ”Penggunaan Media Bahan Alam Pelepah Pisang untuk Meningkatkan Seni Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Iklas Taqwa”. Skripsi, Universitas Islam Negri Sumatra Utara, 2021.

Sutarya. “Eksistensi Batik Jepara,” dalam Disprotek, vol. V, no. 1.

Yeni Fisnani. Modul Digital Muatan Lokal Batik. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara, 2019.

Yudhistira, “Enam Teknik Pembuatan Batik yang Paling Sering Ditambang.” Http://www.bhinneka.com/blog/teknik-pembuatan-batik/amp/. Diakses pada tanggal 30 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Sadi, P. P., Istikomah, Adilla, U., Hidayah, N. N., & Misnawati. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik dengan Media Pelepah Pisang Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Pelita Hati Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 139–160. https://doi.org/10.51311/alayya.v3i2.607

Most read articles by the same author(s)