Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Tahfizul Qur’an pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam El-Fathin Rimbo Ulu Kabupaten Tebo

Authors

  • Purnamasari Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novita Nurul Hidayah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.599

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Tahfizul Quran, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan perkembangan kemampuan kognitif melalui metode Tahfizul Quran di TK Islam El Fathin Rimbo Ulu. Kemampuan kognitif yang akan ditingkatkan adalah kemampuan mengingat materi pembelajaran yang menjadi kendala guru karena anak mengalami masalah rendahnya kemampuan kognitif dalam mengingat dan mengulang kembali materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Islam El Fathin Rimbo Ulu yang berjumlah 12 anak. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif anak melalui metode Tahfizul Quran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumtasikan segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok B untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal kognitif anak prasiklus dengan tingkat perkembangan 25%. Dari pertemuan siklus I tingkat perkembangan kognitif anak sudah mencapai 66,66%. Sedangkan pada siklus II peserta didik menunjukan tingkat perkembangan kognitif anak sudah mencapai 83,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: kementerian Agama, 2006.

Abdul Azis Abdul Rauf. Kiat Sukses Menjadi Hafiz Qur’an Dai’iyah. Bandung: Asy Syaamil, 2000.

Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2011.

Ahsin W. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 2005. Cet. ke-3.

Anisa Ida Khusniyah, skripsi, “Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Muroja’ah (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Karangrejo, Tulungagung)”, (Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2014.

Bobby Herwibowo. Menghafal Al-Qur’an semudah Tersenyum. Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia, 2014.

Eem Kurniasih,’’ Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Berbasis Blanded Learning’’, dalam jurnal pendidikan, vol 4. no. 3.

Khadijah. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2015.

Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan PAUD. Jambi: Gaung Persada Press Group, 2013.

Muhammad Wendi. Memahami Cara Anak - Anak Belajar. Jakarta: Visi Media, 2013.

Novan Ardi Wijaya. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

Paul Suparno. Teori Perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Sa’d Riyadh. Agar Anak Mencintai dan Menghafal Al-Qur'an. Bandung: Irsyad Baitus salam, 2007.

Sa’dulloh. 9 cara praktis menghafal al-Qur’an. Jakarta: Gema Insan I, 2008.

Siti Aisyah. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013.

Syaful Bahri Djamarah. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Yuliani Nurani Sujiono. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka, 2009.

Yusuf Qardhawi. Berinteraksi Dengan Al-Qur'an, pent: Abdul Hayyie Al-Kattani. Jakarta: Gema Insani Press, 2009.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Purnamasari, Istikomah, & Hidayah, N. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Tahfizul Qur’an pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam El-Fathin Rimbo Ulu Kabupaten Tebo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–47. https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.599