Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Bisik Berantai di Kelompok B Raudhatul Athfal Al Falah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Dewi Purnama Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novita Nurul Hidayah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.624

Keywords:

Perkembangan bahasa, Permainan bisik berantai

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa melalui permainan bisik berantai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Raudhatul Athfal Al falah yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini meliputi 2 siklus terdapat 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan Tindakan dan pengamatan,serta refleksi. Untuk pengumpulan datanya berupa lembar observasi, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra siklus terlihat persentase kemampuan dalam mengenal permainan bisik berantai anak pada pra siklus sebesar 13% mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 33,3% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,6% dari jumlah keseluruhan anak di kelompok B Raudhatul Athfal Al falah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa melalui permainan bisik berantai yang dilakukan telah terbukti dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B Raudhatul Athfal Al falah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah. Bekasi: CV Cipta Bagus Segara, 2013.

Adler dan Mortimer. Tujuan Membaca. Jakarta: PT. Indonesia Publishing, 20018.

Afi Parnawi. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish, 2020, Cet.1.

Ahmad Izza dan Saehudin. Tafsir Pendidikan Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan. Tangerang: Pustaka Aufa Media, 2012.

Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Alvira Lulu Adini, “Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V”, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 5.

Andriana. ”Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini” dalam Jurnal Of Childhood Education, Vol. 5, No. 1.

Ani Yulianti Rahayu. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Melalui Permainan Pesan Berantai. Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.

Anita, S.S. ”Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” dalam Jurnal al-Shifa, Vol. 06, No. 02.

Ayu Tirtayan.”Pengaruh Metode Bermain Berbantuan Media Audio Bisik Berantai Tahap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B,” dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No. 1.

Dadan Suryana. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Tanggerang: Universitas Terbuka, 2018.

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 20017.

Dibia. Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Prasekolah Anda Bersikap Baik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Dwi Susilowati, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran”, dalam Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol. II, No.1.

Eko Widhi Hastuti dan Lydia Ersta K., ”Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Bermain Peran Berantai“, dalam Jurnal Audi, Vol. 2, No. 2.

Enny Zubaidah. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta, 2016.

Fadhillah,M. ”Buku Ajar Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini.” http://www.Atlantispress.com.

Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2021. Cet. 1.

Lilis Madyawati. Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2026.

Meryn Putria Mahardhika Sakti dan Erny Roesminingsih. Implementasi Permainan Bisik Berantai Berbasis Kartu. Jakarta: Jurnal Paud, 2017.

Mulyas. Menejemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

Nurbiana Dhieni. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang: Universitas Terbuka, 2015.

Rofi’uddin, et.al. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negri Malang, 20018.

Sri Sumiati. Manfaat Permainan Bisik Berantai Anak Usia Dini. Radajateng, 2021.

Sulistyaningtyas. ”The Implementation of Traditional Gamesfor Early Childhood Education.” http://www.Atlantispress.com.

Syamsu Yusuf L.N. Psikologi Perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Ayat 14. Jakarta: Depdiknas, 2003.

UU Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Lembaga Negara RI Tahun 2014 No. 146).

Widiyanti. ”Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Anak Usia Dini Di TK Rian Kumarajaya.” http://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Purnama, D., Istikomah, & Hidayah, N. N. (2024). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Bisik Berantai di Kelompok B Raudhatul Athfal Al Falah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 121–139. https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.624