Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Bermain Ular Tangga di RA Aisiyah Tebat Kabupaten Bungo

Authors

  • Siti Anggasari PIAUD, Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah PIAUD, Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novita Nurul Hidayah PGMI, Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.583

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Media Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media permainan ular tangga. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa siswi RA Aisiyah tebat kabupaten Bungo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksankan melalui beberapa tahap dan terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat 3 pertemuan. Dari penelitian tindakan kelas yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan bermain ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 di kelompok B di RA Aisiyah Tebat. Hal ini ditunjukkan, nilai rata-rata yang didapatkan siswa sebelum tindakan adalah 2 orang anak atau 13% yang telah mencapai nilai Bisa Sesuai Harapan (BSH), 3 orang anak atau 20% masih kategori Mulai Berkembang (MB), sedangkan 10 anak atau 66% masih kategori Belum Berkembang (BB). Setelah peneliti melaksanakan penelitian, didapatkan hasil belajar pada siklus I, aktivitas siswa secara keseluruhan dari 15 orang anak, 7 anak atau 46% yang telah mecapai nilai Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sedangkan 8 anak atau 53% masih kategori Mulai Berkembang (MB). Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86% atau 13 anak telah mencapai nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), sedangkan 2 orang anak atau 13% masih kategori Mulai Berkembang (MB).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosalind Charlesworth. Experiences in Math for Young Children Fifth Edition. USA: Thomson Delmar Learning, 2005.

Heryanto Nola Sanda Rekysika. “Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun” jurnal Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 10. No.1, 2019.

Permendikbud No 137 Standar Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2014.

Dwi Siswoyo. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2008.

Susan Sperry Smith. Early Childhood Mathematics Fourth Edition. New York: Pearson Education, 2009.

Sri Wahyuning Astuti. “Pendidikan Seks pada Anak Taman Kanak-kanak Melalui Metode Permainan Ular Tangga “Aku Anak Berani”(Studi Deskripsi Komunikasi Interpersonal Anak dalam Bermain Ular Tangga “Aku Anak Berani”dalam Promedia, Volume Ke- 3. No. 2, 2017.

Sugiwati. Metode Bermain Ular Tangga untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK Ria Baruk Utara VIII/35 Rungkut Surabaya. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 2012.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Yudhistira, Dadang. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK: Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Jakarta: PT Grasindo, 2013.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Anggasari, S., Istikomah, & Nurul Hidayah, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Bermain Ular Tangga di RA Aisiyah Tebat Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 203–217. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.583