Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Menggunakan Model Sentra pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Muara Bungo

Authors

  • Fatmawati PIAUD, Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ani Pajrini PGMI, Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Misnawati PGMI, Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.582

Keywords:

Kemampuan, Bahasa, Model Sentra

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi di taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo, ditemukan permasalahan dalam kemampuan bahasa anak kelompok B3 yang masih rendah, untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti munggunakan model sentra bermain peran, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 di taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo, yang berjumlah 12 anak. Dalam penelitian ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Untuk pengumpulan datanya berupa lembar observasi, wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dari pra siklus terlihat persentase ketercapaian kemampuan bahasa anak pada pra siklus hanya sebesar 25%, lalu mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 41,66% menjadi 50% dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II nya sebesar 75% menjadi 83,33% dari jumlah keseluruhan anak di kelompok B3 taman kanak- kanak negeri pembina bungo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa melalui model sentra yang dilakukan telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B3 taman kanak-kanak negeri pembina muara bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erdianti, dkk. Buku Panduan Pembelajaran Di TK/RA Berbasis Sentra. Kendari. 2019.

Dhieni, Nurbiana. Dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka. 2009.

Djatmika. Agus Hari Wibowo. Sugini. Panduan Mengikuti Perkembangan Bahasa Anak. Yogyakarta. 2020.

Hurlock, Elisabet. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga. 1978.

Mulyani, Novi. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media. 2018.

Mulyasa. Strategi Pembelajaran Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2017.

Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini pasal 1.

Tanujaya, Benidiktus. Jeine Mumu. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Belajar Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.

Yamin, Martinis. Jamilah Sabri Sanan. Panduan PAUD. Jambi: Gaung Persada Press Group. 2013.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Fatmawati, Pajrini, A., & Misnawati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Menggunakan Model Sentra pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Muara Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 193–202. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.582

Most read articles by the same author(s)