Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Modeling pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di PAUD Harapan Baru Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.626Keywords:
Kemampuan Berbicara, Teknik ModelingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak PAUD Harapan Baru melalui teknik modeling dengan (syimbolic modeling) atau dengan menonton film. Keterampilan berbicara pada anak-anak dilihat dari kemampuan anak dalam berbicara lancar dengan kalimat sederhana dan dipahami orang lain, menjawab pertanyaan, dan kegiatan monolog yang bercerita mengenai film yang telah mereka lihat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek yang diteliti anak-anak di PAUD Harapan Baru Dusun Baru Lubuk Mengkuang yang berjumlah 12 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini kemampuan berbicara. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran melalui teknik modeling (syimbolic modeling) dengan menonton film. Teknik modeling dengan menonton film dilakukan dalam siklus I dan II yang berupa kegiatan dialog dan monolog, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal kemampuan berbicara yaitu 74,3% kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan perolehan 1 orang anak (MB), 5 orang anak (BSH), dan 6 orang anak (BSB). Pada siklus I ini kemampuan berbicara anak belum tercapai. Hasil analisis pada siklus II dari 12 orang anak terdapat 10 orang anak yang memiliki kemampuan berbicara (BSB) dan 2 orang anak memiliki kemampuan berbicara (BSH). Pada siklus ini kemampuan berbicara anak sudah tercapai sebesar 85,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini di PAUD Harapan Baru T.A 2023/2024.
Downloads
References
Febiyanti, D., et.al., Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara. Bandung: Mimbar Ilmu, 2020.
Gantina Komalasari, et.al., Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks, 2011.
Gantina Komalasari, et.al., Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks, 2011.
Hanry Guntur Tarigan. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2021.
Husna Farhana, et.al., Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas, 2019.
Isjoni. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta, 2014.
Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2021. Cet. 1.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pendidikan Kurikulum 2013 Paud Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2013.
Maidar G, et.al., Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1991.
Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Padmawati, et.al., “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”, dalam Journal For Lesson And Learning Studies, Vol. 2, No. 2, 2019.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014.
Rosmala Dewi. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Saleh Abbas. Bahasa Indonesia Yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional, 2006.
Santrok, J.W., Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2007.
Soegeng Santoso. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
Suhartono. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Dekdiknas, 2005.
Sunarto, et.al., Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Syamsu Yusuf dan Nani M. Sughandi. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Tadkiroatun Musfiroh. Bercerita Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional, 2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.