Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Kegiatan Small Project Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Al-Fatih Dusun Tebat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v4i2.618Keywords:
Keterampilan Sosial, Small Project, Raudhatul AthfalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B Raudhatul Athfal Al-Fatih Dusun Tebat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo melalui kegiatan small project, untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan sosial anak kelompok B Raudhatul Athfal Al-Fatih Dusun Tebat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo melalui kegiatan small project. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart dikenal dengan model spiral yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan small project dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B Raudhatul Athfal Al-Fatih Dusun Tebat Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus baru mencapai 45,83 masih dalam tahap mulai berkembang (MB), pada siklus I mencapai 63,19% termasuk dalam berkembang sesuai harapan (BSH) dan pada siklus II sudah mencapai 84,02% termasuk kategori berkembang sangat baik (BSB).
Downloads
References
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2011.
Ali Nugraha, Yeni Rachmawati. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2006.
Malik Dachlan Dkk. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
May Lwin, dkk. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan, Terj. Cristine Sujan. Yogyakarta: PT. Indeks, 2008.
Moeslihatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018.
Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Nanik Iis. “Peran guru dalam mengembangkan Empati anak Usia dini Melalui mendongeng di Taman Kanak-Kanak Asyiyah Pariaman”, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No.1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.
Rahmawati. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka, 2012.
Saiful Bahri Djamarah dan Aswan Zanin. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Saiful Bahri Djamarah dan Aswan Zanin. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Siti Khamim, Ulfa Adilla, and Istikomah, “Jurnal TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI Al- Qur’an Al -Ittifaqiah Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muara Bungo Jurnal TAUJIH Jurnal,” TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 02 (2022): 55–73.
Tri Rahayu. Peningkatan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Masalah Sederhana Melalui Metode Proyek Pada Anak TK A di TK IT Ibnu Khaldun Cengkiran Triharjo Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: FKIP UNY, 2014.
Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2013.
Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.