Peran Konsentrasi Sebagai Fondasi Utama Dalam Proses Pembelajaran yang Efektif
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.910Keywords:
Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Efektif, Strategi Peningkatan Konsentrasi, Media Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konsentrasi sebagai elemen kunci dalam pembelajaran yang efektif, serta strategi untuk meningkatkannya. Menggunakan pendekatan kajian pustaka dengan analisis hasil penelitian terkini, studi ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi konsentrasi belajar seperti lingkungan, metode pengajaran, kesehatan fisik, dan penggunaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi yang optimal berkontribusi langsung pada pemahaman materi, peningkatan daya ingat, dan efisiensi waktu belajar, yang pada akhirnya meningkatkan hasil akademik peserta didik. Kesimpulan utama adalah bahwa konsentrasi merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran yang dapat ditingkatkan melalui kombinasi berbagai strategi, seperti teknik mindfulness, latihan fisik, dan manajemen waktu.
Downloads
References
Alloway, T. P., & Alloway, R. G. The Working Memory Advantage: Train Your Brain to Function Stronger, Smarter, Faster. New York: Simon & Schuster, Inc, 2011.
Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., & Barrett, L. “The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results of a holistic, multi-level analysis”. dalam Journal of Building and Environment, Vol. 89, 2015.
Broadbent, D. E. Perception and Communication. London: Pergamon Press, 1958.
Brown, T. “The Role of Concentration in Academic Success”, dalam Journal Educational Psychology Review, Vol. 31, No. 2, 2019.
Budde, H., Voelcker-Rehage, C., Pietraßyk-Kendziorra, S., Ribeiro, P., & Tidow, G. “Acute coordinative exercise improves attentional performance in adolescents”, dalam Journal Neuroscience Letters, Vol. 441, No. 2, 2008.
Chen, Y., & Liu, X. “Project-Based Learning and Its Impact on Student Engagement”, dalam International Journal of Education Research, Vol. 102, 2020.
Cirillo, F. The Pomodoro Technique. London: Random House, 2020.
Dennison, P. E., & Dennison, G. E. Brain Gym: Teacher's Edition. Glendale, CA: Edu-Kinesthetics, Inc, 2014.
Duckworth, A. L., & Seligman, M. E. P. “Self-discipline outdoes IQ in predicting academic performance of adolescents”, dalam Psychological Science, Vol. 16, No. 12, 2005.
Evans, G., & Johnson, D. “Impact of Study Environment on Academic Performance”, dalam Journal of Environmental Psychology, Vol. 58, 2018.
Forest App. (2021). Available at: https://www.forestapp.cc/.
Gomez-Pinilla, F. “Brain foods: The effects of nutrients on brain function”. dalam Nature Reviews Neuroscience, Vol. 9, No. 7, 2018.
Hillman, C. H., Erickson, K. I., & Kramer, A. F. “Be smart, exercise your heart: Exercise effects on brain and cognition”. dalam Nature Reviews Neuroscience, Vol. 9, No. 1, 2019.
Lepp, A., Barkley, J. E., & Karpinski, A. C. “The Relationship Between Cell Phone Use and Academic Performance”, dalam Journal Computer in Human Behavior, Vol. 94, 2019.
Locke, E. A., & Latham, G. P. “The Developmentof Goal Setting Theory: A Half Century Retrosprectiv”, dalam Journal Motivation Science, Vol. 5, No. 2, 2019.
Macan, T. H., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. “College Students' Time Management: Correlations with Academic Performance and Stress”, dalam Journal of Educational Psychology, Vol. 82, No. 4, 1990.
Posner, M. I., & Petersen, S. E. “The Attention System of the Human Brain”, dalam Annual Review of Neuroscience, Vol. 13, 1990.
Rinne, L., Gregory, E., Yarmolinskaya, J., & Hardiman, M. “Why arts integration improves long-term retention of content”, dalam Journal Mind, Brain, and Education, Vol. 5, No. 2, 2011.
Smith, J., & Doe, R. “Focus and Grades: A Correlation Study”, dalam Journal of Learning Strategies,Vol. 27, No. 1, 2020.
UNESCO. Global Education Monitoring Report. Paris: UNESCO. 2023.
Walker, M. Why We Sleep: Unlocking the Power of Sleep and Dreams. New York: Scribner, 2017.
Zeidan, F., Johnson, S. K., Diamond, B. J., David, Z., & Goolkasian, P. “Mindfulness meditation improves cognition: Evidence of brief mental training”, dalam Journal Consciousness and Cognition, Vol. 19, No. 2, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.