Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perencanaan Pembelajaran di TK Alam Muara Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v3i2.605Keywords:
Pendidikan anak usia dini (PAUD), Kompetensi pedagogik, Perencanaan pembelajaranAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase belajar yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu komponen yang sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan PAUD adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu Guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran di TK Alam Muara Bungo. TK Alam Muara Bungo merupakan lembaga pendidikan berbasis alam sehingga memiliki tantangan tersendiri dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini dan lingkungan alam sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dan Creswell yaitu melalui pengujian keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru dan kepala TK Alam Muara Bungo memulai proses perencanaan pembelajaran dengan Rapat Evaluasi Tengah Tahun (RETT), (2) guru menyusun modul pembelajaran dan menyiapkan media dalam bentuk display kelas. Namun, kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran masih kurang, terutama karena dokumen RPPH belum disediakan di setiap kelas dan media pembelajaran yang ada belum memenuhi standar ideal. Selain itu, pengelompokan anak hanya berdasarkan usia dapat menghambat perkembangan anak, dan guru juga belum sepenuhnya memahami konsep tindakan reflektif dan korektif sebagai bagian dari penelitian tindakan kelas (PTK) untuk tindak lanjut evaluasi dan supervisi.
Downloads
References
Asy-Syifaa’ Qur’an, Hafalan Terjemah dan Tajwid Berwarna Metode Tikrar. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2018.
Apelgren, Karin ed., and Giertz, Birgitta. Pedagogical Competence – A Key to Pedagogical Development and Quality in Higher Education. Uppsala University: Division for Development of Teaching and Learning, 2010.
Ciptaningtyas, A. et al., “Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi 4, no. 2 (Januari 2020): 686-702. 10.31004/obsesi.v4i2.440.
Fakhrudin, Asef Umar. Menjadi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Panduan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Jakarta: PT. Gramedia, 2019.
Farida, Siti. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Wacana Didaktika 5, no. 2 (Desember 2017): 190-192. https://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika/article/view/157.
F. Saudagar dan Idrus A. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: GP Press, 2011.
Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi aksara, 2019.
Hayati, Miratul dan Sigit Purnama Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: Rajawali Pers, 2019.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengelolaan.
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html.
Kurniawan, Sugeng. “Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-qur'an dan Al-hadits (Studi Tentang Perencanaan).” Nur El-Islam 2, no. 2 (Oktober 2015):11-12. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/20.
Lampiran Permendikbud RI Nomor 137 Tahun 2014.
Masnipal. Menjadi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Masyhuri dan Zainuddin. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.
Nasution, Raisah Armayanti. Modul Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini, (Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumatera Utara, 2021), 12.
Novita, Mona. “Sumber Daya Manusia yang Berkualitas sebagai Harta yang Berharga dalam Sebuah Lembaga Pendidikan Islam.” Nur El-Islam 4, no.1 (April 2017): 48, https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/73.
Olsson, Thomas & Roxå, Torgny. “Assessing and rewarding excellent academic teachers for the benefit of an organization.” European Journal of Higher Education 3, no.1 (March 2013): 40-61. https://doi.org/10.1080/21568235.2013.778041.
Olsson, Thomas ed., et al., Pedagogical Competence - A Development Perspective from Lund University. Uppsala University: Division for Development of Teaching and Learning, 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Lembaran Negara RI, 2015.
Rifma. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana, 2016.
Sadulloh, Uyoh. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta, 2018.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.
Setiawan, Eko. Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dan SD/MI. Jakarta: Erlangga, 2018.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sum, Theresia Alviani et al., "Kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (Januari 2020): 543-550. 10.31004/obsesi.v4i2.287.
Sunartini et al., "Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kinerja Guru di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo." Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 16, no.1 (September 2016): 22-32. https://doi.org/10.21831/hum.v16i1.12070.
Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Syamilah, Maktabah. Shahih Al-Bukhari, No. Hadits. 1385, Juz. 5.
Tafsir Ringkas Kementerian Agama R.I. Q.S. As-Sajdah/32:5.
Triwijayanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Utami, Sarwik. “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (April 2018):137-148. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5346.
W. Creswell, John. Research Desaign Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Methode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Wijaya, Iwan. Profesional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Jawa Barat: CV. Jejak, 2018.
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.