Penerapan Metode Eksperimen Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.191/II Bukit Kemang Kecamatan Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo
Keywords:
Eksperimen, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan metode Eksperimen pada materi pengenalan diri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam Swasta Nailul Ikhsan Sungai Arang. serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. nilai yang diperoleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang hanya 40% siswa yang mencapai KKM yang ditentukan dari sekolah yaitu 65 atau lebih dari 65, pada siklus 2 nilai rata-rata kelas adalah 69,5 yaitu lebih besar dari siklus 1 yaitu hanya 62,5 hal ini terlihat dari hasil setiap siswa yang mengalami ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 65.
Downloads
References
Daryanto, Belajar dan Mengajar.( Bandung Yrama widya 2010) cet 1
Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahannya.(semarang : CV.Asy.syifa )
Devi.k Poppy dan Angraeni Sri,Ilmu Pengetahuan Alam Sd dan Mi Kelas IV,(pusat pembukuan departemen pendidikan nasional, 2008)
Djamarah Bahri Syaiful , Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010), cet Ke-3.
Djamarah Bahri Syaiful dan Zain Aswan Aswan , Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013), cet Ke-5
Hamalik oemar, Proses Belajar Mengajar. (PT Bumi Aksara)
Hamiyah Nur dan jauhar Muhammad, Strategi Belajar Mengajar di Kelas, (Jakarta: prestasi pustakaraya 2014)
http//www.eurekapendidikancom/2015/10/kumpulanmetodepembelajaranpendaMpingan html(diakses02April2017)
Murdaningsih Hewi, Bimbingan Pembelajaran Sains 4 untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah,(Surakarta: Mediatama 2004)
Pupuh Fathurrahman dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung : PT. Refika Aditama, 2007),
Riyanto Milan, Pendekatan Metode dan Strategi Pembelajaran,(Malang: Departemen pendidikan nasional pusat pengembangan penataran guru ips dan pmp malang 2006)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. (Jakarta: Rineka Cipta,2013).
Sumiati, asra, Metode Pembelajaran.(Bandung: CV Wacana Prima 2007)
Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran , ( Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Yasyin Suichan, Kamus lengkap bahasa Indonesia. (Surabaya: Amanah 1997)