Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model Role Playing di Sekolah Dasar Negeri 179/II Lembah Kuamang
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.356Keywords:
Role Playing, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada Tema 7 yang difokuskan peneliti pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 179/II Lembah Kuamang. Yang mana dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru kurang menggunakan model atau metode yang bervariasi sehingga siswa terlihat kurang aktif dan bosan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 3 x pertemuan setiap siklusnya dengan menggunakan desain penelitian Kemmis and Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 179/II Lembah Kuamang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif. Hasil pengamatan pembelajaran dengan menggunakan model role playing (bermain peran) pada siklus I menunjukkan nilai rata – rata sebesar 63,61 dengan tingkat keberhasilan 56% atau 10 siswa yang tuntas. Hasil penelitian siklus II menunjukkan nilai rata – rata hasil belajar sebesar 77,78 dengan tingkat keberhasilan 83% atau 15 siswa yang tuntas. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dilakukan maka penggunaan model role playing (bermain peran) dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan unsur – unsur yang terkandung pada teks narasi dengan menggunakan 5W+1H pada siswa kelas V dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 179/II Lembah Kuamang.
Downloads
References
Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 13, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014, cet. 1.
Dedi Wahyudi dan Nelly Agustin, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual,†dalam Jurnal Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1.
Ekawarna, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Gaung Persada Press, 2011), cet. 2.
Hasan Basri, “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kuala Kecamatan Tambang,†dalam Jurnal Pendidikan dam Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, vol. 1, no. 1.
Hilda Karli, †Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesiaâ€.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Jakarta: Kata Pena, 2016, cet. 4.
Lilis Khoirulina, “Media LASERIN dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Penjajahan Belanda di Indonesia,†dalam Jurnal PINUS, vol. 3, no. 2, ISSN.2442-9163.
Nur Kholis, “Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang – Undang SISDIKNAS 2003,†dalam Jurnal Kependidikan, vol. II, no. 1.
Nur Samsiyah, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi, Jawa Timur: CV.Ae Media Grafika, 2016, cet. 1.
Nurul Hikmah, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu,†dalam Jurnal Pendas Mahakam, vol. 1.
Umi Habibah, “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui Model Paikem,†dalam Journal of Elementary Education, ISSN 2252-9047.