Penggunaan Media Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.584Keywords:
Hasil Belajar, Media Video AnimasiAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022 dalam dua siklus, pada setiap siklus ada tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri No 93/II Tebat yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi pada siswa kelas IV SD Negeri No 93/II Tebat. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 64,167 untuk ketuntasan ada 8 siswa atau 44,44% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 55,56%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 69.44 ketuntasan ada 12 siswa atau 66,67% dan belum tuntas ada 6 siswa atau 33,33% berarti ada kenaikan nilai ratarata pra tindakan ke siklus I sebesar 5,273, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 73,16 dan ketuntasan ada 16 siswa atau 88,89% dan belum tuntas ada 2 siswa atau 12,5%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 3,72.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. (2013). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Jaya Angkasa
Anna Yulia. (2015). Menumbuhkan Minat Baca Anak, Jakarta: PT Gramedia
Broto. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam pembelajaran
http://surikin.blogspot.co.id/2012/0 8/metode-sas-struktural-analitiksintetik.html. Diakses 20 Februari 2021
Dalman. (2013). Pengertian membaca.
Jakarta: PT Raja Grafindo Darmiyanti Zuchdi & Budiasih. (2011)
Membaca Permulaan. Jakarta: Direkrorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:
PT Rineka Cipta
E. Mulyasa, (2013), Pengembangan dan Impelemtasi Kurikulum 2013. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya
Farida Rahim. (2015). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Haeruddin,dkk. (2017). Dasar-Dasar Keterampilan Bahasa Indonesia, Surakarta: PT UNS
Press
H Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Husnul Ade, dkk. (2010). Membaca Memindai, Bogor: PT Quadra
I G. A. K. Wardani. (1995) Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI
Ign Masidjo. (2005). Pengukuran Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ihwana, Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa
Indonesia Siswa Kelas I Sd Inpres Sambung Jawa 3 Kecamatan Mamajang Kota Makassar, (Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar: 2016)
Iskandarwassid. (2011). Tujuan Membaca Permulaan, Jakarta: Direkrorat Jenderal
Pendidikan Tinggi Jakarta: Rineka Cipta
Martini Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor:
Ghalia Indonesia
Mona Novita. (2018). PTK Tidak Horor, Surabaya, CV. Pustaka Media Guru Mulyono.
(2013). Pengertian Kemampuan Membaca Pemulaan, Jakarta: Rineka Cipta.
Rini Utami Aziz. (2016). Kemampuan Membaca, Jakarta: Direkrorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Santrock, Jhon W. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta. Kenana Suliyanti
Sisdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional Bab II, Pasal 2, Jakarta. Sinar Grafika.
Somadayo Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, Surakarta: UNS
Press
St Y. Slamet. (2018). Dasar-Dasar Keterampilan Bahasa Indonesia, Surakarta: UNS Press
hhtp://isnesturita.wordpress.om/20 13/27/mmp-memba-dan-amenulispermulaan /. Diakses 20 Februari 2021
Suyanto & Asep Jihad. (2013) Metode Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo
Tim Penyusun Pusat Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Balai Pustaka,
Universitas Terbuka, Usaha Keluarga 2017)
Wahidah, Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan
Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sd Inpres 6/75 libueng Kecamatan Tonra Kabupaten
Bone. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar: tidak diterbitkan.
(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.