Penggunaan Media Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ririn Riska Putri Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • M. Muzakki Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.584

Keywords:

Hasil Belajar, Media Video Animasi

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022 dalam dua siklus, pada setiap siklus ada tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri No 93/II Tebat yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi pada siswa kelas IV SD Negeri No 93/II Tebat. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 64,167 untuk ketuntasan ada 8 siswa atau 44,44% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 55,56%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 69.44 ketuntasan ada 12 siswa atau 66,67% dan belum tuntas ada 6 siswa atau 33,33% berarti ada kenaikan nilai ratarata pra tindakan ke siklus I sebesar 5,273, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 73,16 dan ketuntasan ada 16 siswa atau 88,89% dan belum tuntas ada 2 siswa atau 12,5%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 3,72.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2013). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Jaya Angkasa

Anna Yulia. (2015). Menumbuhkan Minat Baca Anak, Jakarta: PT Gramedia

Broto. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam pembelajaran

http://surikin.blogspot.co.id/2012/0 8/metode-sas-struktural-analitiksintetik.html. Diakses 20 Februari 2021

Dalman. (2013). Pengertian membaca.

Jakarta: PT Raja Grafindo Darmiyanti Zuchdi & Budiasih. (2011)

Membaca Permulaan. Jakarta: Direkrorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta:

PT Rineka Cipta

E. Mulyasa, (2013), Pengembangan dan Impelemtasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Farida Rahim. (2015). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Haeruddin,dkk. (2017). Dasar-Dasar Keterampilan Bahasa Indonesia, Surakarta: PT UNS

Press

H Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Husnul Ade, dkk. (2010). Membaca Memindai, Bogor: PT Quadra

I G. A. K. Wardani. (1995) Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkesulitan Belajar.

Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI

Ign Masidjo. (2005). Pengukuran Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ihwana, Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa

Indonesia Siswa Kelas I Sd Inpres Sambung Jawa 3 Kecamatan Mamajang Kota Makassar, (Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar: 2016)

Iskandarwassid. (2011). Tujuan Membaca Permulaan, Jakarta: Direkrorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Jakarta: Rineka Cipta

Martini Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor:

Ghalia Indonesia

Mona Novita. (2018). PTK Tidak Horor, Surabaya, CV. Pustaka Media Guru Mulyono.

(2013). Pengertian Kemampuan Membaca Pemulaan, Jakarta: Rineka Cipta.

Rini Utami Aziz. (2016). Kemampuan Membaca, Jakarta: Direkrorat Jenderal

Pendidikan Tinggi

Santrock, Jhon W. (2011). Psikologi Pendidikan, Jakarta. Kenana Suliyanti

Sisdiknas, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional Bab II, Pasal 2, Jakarta. Sinar Grafika.

Somadayo Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, Surakarta: UNS

Press

St Y. Slamet. (2018). Dasar-Dasar Keterampilan Bahasa Indonesia, Surakarta: UNS Press

hhtp://isnesturita.wordpress.om/20 13/27/mmp-memba-dan-amenulispermulaan /. Diakses 20 Februari 2021

Suyanto & Asep Jihad. (2013) Metode Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo

Tim Penyusun Pusat Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Balai Pustaka,

Universitas Terbuka, Usaha Keluarga 2017)

Wahidah, Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan

Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sd Inpres 6/75 libueng Kecamatan Tonra Kabupaten

Bone. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar: tidak diterbitkan.

(Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016).

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Riska Putri, R., & M. Muzakki. (2022). Penggunaan Media Video Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 113–126. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.584