Inovasi Pembelajaran Soal Cerita Matematika Melalui Teknik Pemecahan Kalimat dan Permainan

Authors

  • Ridho Ulil Amri Universitas Terbuka
  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.959

Keywords:

Matematika, Pemecahan Kalimat, Permainan Edukatif, Soal Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pembelajaran dalam membantu siswa menyelesaikan soal cerita matematika melalui teknik pemecahan kalimat dan permainan di SD Negeri Duren 03 Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten madiun. Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan siswa, khususnya yang terjadi di SD Negeri Duren 03 dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Kesulitan ini tidak hanya mencakup tentang pemahaman konsep, namun juga terkait keterampilan matematika untuk mencapai solusi yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan berdasar pada sumber data yang di dapatkan melalui observasi terhadap siswa di lapangan, kajian pustaka, serta bersumber dari pendapat ahli yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan perubahan yang positif pada siswa dalam memahami struktur dan mengidentifikasi informasi kunci dalam menyelesaikan soal cerita. Teknik pemecahan kalimat mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi unsur-unsur penting dari masalah, seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa karena pembelajaran yang dipadukan dengan permainan membuat siswa tidak merasa bosan. Inovasi guru dalam pembelajaran ini juga mampu mengurangi kecemasan siswa terhadap matematika, membangun rasa percaya diri, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Miftakhur Rosyad. “Urgensi Inovasi Pembelajaran Islam Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies 2, no. 1 (2019): 35. https://doi.org/10.5281/zenodo.3553865.

Alifatul Aprilia, Devi Nur Fitriana. “Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan.” PEDIR: Journal Elementary Education 1, no. 2 (2022): 373–77. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42.

Ana Widyastuti. Inovasi Pembelajaran: Model, Mtode, Dan Media Inovatif Di Era Society 5.0. Yogyakarta: Andi, 2023.

Bangau Frangki. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Edited by Randi Pratama Murtikusuma Muhamamd Suhardi. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2024.

Disa Aimmatul Millah. “Video Pembelajaran Soal Cerita.” Surat Kabar Guru Belajar: Edisi Wardah Inspiring Teacher 2021. 2021, 3 edition.

Iwan Zahar. Belajar Matematikaku: Pembelajaran Matematika Secara Visual Dan Kinestetik. Jakarta: Elex Media Komputindo, n.d.

Khairany, Indah, Maghfirah Chairunnisa, Muhammad Arifin, and Informasi Artikel. “Peran Strategi Pembelajaran Dan Implementasinya Pada Era Digital.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2024): 8–14. https://journal.yp3a.org/index.php/DIAJAR.

Mardawani. Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Miftahul Jannah, and Miftahul Hayati. “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 4, no. 1 (2024): 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416.

Putri Handayani. Cara Asyik Belajar Bangun Datar Di SD. Edited by Guepedia/Ag. Guepedia, 2021.

Rahmah Johar, Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Edited by Cut Rita Zahara. Revisi. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021.

Romadoni, Jaeni Ulfah, Arsyi Rizqia Amalia, and Dyah Lyesmaya. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Solving Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 4 (2023): 2001–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5729.

Sakti Alamsyah, Sudrajat. Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

Saparudin. Inovasi Pembelajaran. Edited by Muliana. Sukabumi: Jejak, 2022.

Siti Ruqoyya, Sukma Murni, Linda. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Edited by Galih Dani Septian Rahayu. Purwakarta: Trea Alea Jacta Pedagogie, 2020.

Sri Yulianti, Miranti Widi Andriani, Zainal Arifin. “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematka Materi Perkalian Siswa Kelas 3 Dan Upaya Guru Dalam Mengatasi Kelemahan Siswa Di UPTD SD Negeri Tambegan.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 01 (2023): 656–64.

Suci Rahmadani Harahap, Yusmina Lubis, Khotna Sofiyah. “Strategi Pembelajaran Mengatasi Kesulitan Anak SD Dalam Mengerjakan Soal Cerita.” TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru 4, no. 1 (2024): 1–23.

Sumardjan. Desain Pembelajaran Matematika SD Menyenangkan. Semarang: Formaci Press, 2017.

Torang Siregar. Stimulus Dan Respon Dalam Pembelajaran Matematika. Edited by Khusnul Khatima. Kuningan: Goresan Pena, 2025.

Waritsman, A. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian 1, no. 2 (2020): 124–29.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Ulil Amri, R., & Ahmala, M. (2025). Inovasi Pembelajaran Soal Cerita Matematika Melalui Teknik Pemecahan Kalimat dan Permainan. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 44–57. https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.959