Analisis Strategi Promosi Produk Tabungan Impian Pada Bri Syariah Kantor Cabang Jombang
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v1i2.241Keywords:
Periklanan (Advertising), Penjualan Pribadi (Personal Selling), Tabungan Impian.Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi promosi periklanan (advertising) dan strategi promosi penjual perseorangan (personal selling) yang digunakan pada produk tabungan impian di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Jombang. Metode penelitian menggunakan field research, dengan tehnik deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di bank BRI Syariah kantor cabang Jombang yang beralamatkan Jl. KH.Wahid Hasyim No.9 A, RW.2 Jombang, Jombang Regency, East Java 61419. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Tabungan Impian di BRIS Jombang, sudah menerapkan periklanan yang berupa media cetak seperti brosur, agar dapat menarik perhatian masyarakat dan menambahkan pengetahuan tentang produk tersebut. Di BRIS Jombang juga sudah menerapkan strategi promosi yang berupa penjualan pribadi personal selling, terhadap produk Tabungan Impian yang dilakukan melalui oleh(costomer servise) yaitu menerapkan sikap yang sopan dan berkata yang jujur baik ramah agar nasabah dapat tertarik apa yang dikatakan oleh CS costomer servise tersebut.
Downloads
References
Chandra, Gregorius. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset. 2002.
Damanuri, Aji. Metode Penelitiann Mu’amalah. Ponorogo: STAIN Po Press, 2010.
Hermawan, Komunikasi Pemasaran . Jakarta: Penerbit Erlangga 2012.
Ismail, Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.2011
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, alih Bahasa Adi Zakaria Afif, Vol. Ke. 1 Jakarta: FakultasEkonomi, UI, 1993Jakarta ; PT. Grafindo Utama, 2003.
____________Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.
Meleong, Lexy J. metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2012.
Muhammad, Manajemen Bank Syariah Yogyakarta : UUP-AMP YKPN, 2000
Mursid, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.
Susanto, Herry. Umam, Khaerul. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA. 2016 .
Shinta, Agustina. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press, 2011.
Danes Mahendra Edo Fadli,“Strategi Pemasaran Produk Tabungan Impian Dan Upaya Penimgkatan Nasabah Di PT Bank BRI Syariah KCP Metro,â€Skripsi Metro: IAIN 2019.
Dian Surya Aprilia “Analisis Operasional Personal Selling Dan Advertising Pada Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Study Pada Bank NTB KCPS Prayaâ€, skripsi UIN Mataram, 2017.
Siska Mona Sari “Analisis Strategi Pemasaran 4P Terhadap Produk Tabungan Impian Di PT BRI Syariah Cabang Banda Acehâ€, Skripsi (UIN AR-RANIRY Banda Aceh, 2019.
Jhesy Dewi Lestari “Mekanisme Dan Upaya Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Tabungan Impian IB Di BRI Syariah KCP Lampung Bandar Jayaâ€,Skripsi IAIN METRO, 2020.
Widya Marsa Hilda,“Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Direct Marketing Dan Corporate Image Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Dibank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaranâ€.Skripsi Salatiga:IAIN Salatiga,2017.
Dokumen e-Book BRI Syariah “Sejarah BRI Syariah,†dalam http://BRISyariah.co.id/ (diakses pada tanggal 23 September 2020, jam 10.15.