Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Personal Dan Psikologis Mahasiswa Iain Ponorogo Terhadap Keputusan Menabung Di Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v1i1.245Keywords:
Perilaku Konsumen, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Metode pengolahan data menggunakan program aplikasi IBM SPSS Statistic 21. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan probability sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini 10,349 mahasiswa IAIN Ponorogo dan sampel yang digunakan 100 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel personal tidak berpengaruh positif terhadap keputusan menabung. Terlihat bahwa variabel personal mempunyai nilai thitung 2,330> ttabel 1,984 dan signifikansi 0,022 lebih kecil dari 0,05. Hal ini dikarenakan bahwa pengalaman mahasiswa dalam menggunakan bank syariah masih sangat sedikit. Oleh karena itu pihak perbankan syariah melakukan peningkatan promosi supaya banyak peminatnya.
Downloads
References
Bahari, Andi Faisal. Ashoer, Muhammad, “Perngaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisataâ€, Jurnal Manajemen, No. 1 (2018), 4.
Effendi, Usman. Psikologi Konsumen (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016), 247
Firmansyah, M. Anang. PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran) (Yogyakarta: Deepublish, 2018)
Hamid, Abdul, Buku Panduan Penulisan Skripsi (Jakarta: FEIS UIN Press, 2007), 30,
Indah P. Ketut, dan Kastawan M., “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Psikologis dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kebaya Bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kutaâ€, Jurnal Manajemen Unud, No. 11 (2015), 3622.
Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran- Cara praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009), 113.
Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (Jakarta: Erlangga, 2003)
Kuncoro, Ridwan Engkos Ahmad. Cara Menggunakan Analisis Jalur (Path Analisys) (Bandung: Alfa Beta, 2008), 49
Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen (Jakarta: Predamedia Group, 2003), 345.
Simamora, Bilson, Panduan Riset Perilaku Konsumen (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002), 2
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2008), 162.
Suprayitno, Agung, “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Gado-Gado Boplo,†Jurnal Agribisnis, No. 2 (2015)
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012)
Tanjung, Hendri. Perwataatmadja, Karnaen Bank Syariah (Jakarta: PT. Senayan Abadi, 2007), 75
Yulaifah, Atin, “Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariahâ€, Skripsi (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011), 23.