Pelaksanaan Manajemen Promosi D’besto Cabang Dharmasraya Ditinjau dari Perspektif Manajemen Syari’ah
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v4i2.525Keywords:
Manajemen, Promosi, Manajemen Syari'ahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya dan mengetahui bagaimana tinjauan manajemen syari’ah terhadap pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Penulisan ini menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang kemudian dinalisisi dengan metode analisa deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya adalah dengan melalui bauran promosi yang terdiri dari: pertama, advertising (periklanan) menggunakan brosur, billboard (papan iklan), dan packaging (pengemasan). Kedua, Public relations (hubungan masyarakat) melalui radio dan media sosial facebook, instagram dan twitter. Ketiga, Sales promotions (promosi penjualan) dengan cara memberikan potongan harga (discount) untuk menu makanan dan minuman tertentu kepada konsumen pada waktu-waktu tertentu, seperti hari raya idul fitri atau ramadhan. Tinjauan manajemen syari’ah terhadap pelaksanaan manajemen promosi yang dilakukan oleh D’besto cabang Dharmasraya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen syari’ah dengan memenuhi sembilah poin yaitu: Taqwa, Shidq (jujur), Al-‘Adl (adil), Khidmah (pelayanan yang baik), tepat janji, Al-Amanah (dapat dipercaya), Khusnudz Dzann (berbaik sangka), sportif/fair dan tidak ada risywah (suap).
Downloads
References
Ahmad Ibrahim Abu Sin, Manajemen Syariah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, Anton Athoillah, Dasar-Dasar Manajemen, Bandung: Pustaka Setia, 2010.
Didin Hafidhuddin, Manajemen Syariah, Jakarta : Gema Insani, 2008.
Douglas W. Foster, Manajemen Perusahaan, Jakarta: Erlangga, 2000.
Endah Prapti Lestari, Pemasaran Strategi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan, Yogyakarta: Andi Publisher, 2019.
George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar- Dasar Manajemen, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo, 2005.
Hendy mustiko aji, Manajemen Pemasaran Syariah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2019.
Hendy mustiko aji, Manajemen Pemasaran Syariah, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2019.
J ogiyanto H.M. Analisis dan Desain Sistem informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi Publishing, 2019.
Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Kementerian Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, Bandung: Cordoba Media Press, 2012.
Kevin Line, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks, 2006.
Lexy J. Moleong, Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2003.
Noeng Muhadjir, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasia, 1996.
Sondang P. Siagian, Manajemen Statistik, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2016.
Syamsir Torang, Organisasi & Manajemen, Bandung : Alfabeta, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ISTIKHLAF: Jurnal Ekonomi, Perbankan dan Manajemen Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.