Literasi Dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi Penguatan Karakter Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Mubaidillah Mubaidillah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Alifah Nur Badriah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Alvi Fauziyah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.1011

Keywords:

Literasi, Al-Qur'an, Teknologi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis literasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SDN 126 Rimbo bujang Tebo. Melalui pendekatan yang menekankan pada keterampilan membaca, memahami, dan menafsirkan teks Al-Quran, diharapkan siswa dapat mengembangkan minat dan kemampuan yang lebih baik dalam membaca kitab suci. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca Al-Quran siswa dalam kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan model pembelajaran berbasis literasi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Santoso. Model Pembelajaran Berbasis Literasi Dalam Pendidikan Agama Islam Pengembangan Kemampuan Membaca, Pemahaman Makna, dan Ketrampilan Berfikir Kritis. Jakarta: Pendidikan Islam, 2021.

Agus Suprijono. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Ahmad Fauzi. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pembelajaran PAI di Era Society 5.0.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 58.

ANdayani, Abdul Majid dan Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Anwar, Asep Saeful. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 147.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative AndMixed Methods Approaches. New York: Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2014.

Dewey, John. Experience and Education. New York: Macmillan, 1938.

Faizah, Dwi, Dkk. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah, 2016.

Herman. Pengembangan Literasi di Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2020.

Isjoni. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. 4 ed. Bandung: Alfabeta, 2010.

Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.

Nurhadi. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. 1 ed. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan, 2010.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Trimansyah. Model Pembelajaran Berbasis Literasi. Jakarta: Pustaka Edika, 2019.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Adilla, U., Mubaidillah, M., Badriah, A. N., & Fauziyah, A. (2025). Literasi Dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi Penguatan Karakter Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(1), 112–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.1011