Literasi Dalam Pendidikan Agama Islam: Strategi Penguatan Karakter Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i1.1011Keywords:
Literasi, Al-Qur'an, Teknologi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis literasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SDN 126 Rimbo bujang Tebo. Melalui pendekatan yang menekankan pada keterampilan membaca, memahami, dan menafsirkan teks Al-Quran, diharapkan siswa dapat mengembangkan minat dan kemampuan yang lebih baik dalam membaca kitab suci. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca Al-Quran siswa dalam kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan model pembelajaran berbasis literasi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan siswa.
Downloads
References
A, Santoso. Model Pembelajaran Berbasis Literasi Dalam Pendidikan Agama Islam Pengembangan Kemampuan Membaca, Pemahaman Makna, dan Ketrampilan Berfikir Kritis. Jakarta: Pendidikan Islam, 2021.
Agus Suprijono. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
Ahmad Fauzi. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pembelajaran PAI di Era Society 5.0.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 58.
ANdayani, Abdul Majid dan Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Anwar, Asep Saeful. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 147.
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative AndMixed Methods Approaches. New York: Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2014.
Dewey, John. Experience and Education. New York: Macmillan, 1938.
Faizah, Dwi, Dkk. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah, 2016.
Herman. Pengembangan Literasi di Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2020.
Isjoni. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. 4 ed. Bandung: Alfabeta, 2010.
Lexy J, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.
Nurhadi. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. 1 ed. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan, 2010.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Trimansyah. Model Pembelajaran Berbasis Literasi. Jakarta: Pustaka Edika, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.