Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Joni Juli Yandra SDN 202/II Simpang Tebat Bungo Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.502

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara manusia untuk bertahan hidup agar mampu beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu pesat. Pendidikan yang ada di Indonesia tercantum pada UU No. 20 Tahun 2003. Supaya tercapainya suatu tujuan pendidikan, dibutuhkan kurikulum yang mempermudah proses pendidikan degan demikian tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan konsep manajemen kurikulum merdeka belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan penelitian studi literatur, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sumber data dalam penulisan ini menggunakan sumber data sekunder yaitu Artikel, Jurnal, dan Buku. Dalam penulisan ini sumber tertulis berdasarkan dokumen yang ada berupa dokumen-dokumen atau data yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Hasil penelitian ini adalah Kebijakan kurikulum merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu di Madrasah Ibtidaiyah dan tingkat sekolah lainnya, pendidikan dapat dilaksanakan melalui proses pembelajaran, partisipasi guru,  kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan program pendidikan, dapat menciptakan pendidikan  bermutu yang mampu menjawab berbagai tantangan. Kebutuhan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan zaman, teknologi dan perubahan kehidupan, maka pendidikan harus berlangsung secara berorientasi, terstruktur, terencana, dan berkelanjutan untuk menciptakan generasi lulusan terbaik dengan mutu pendidikan yang terjamin. Pembentukan kemandirian berpikir siswa adalah ide di balik kurikulum merdeka belajar. Guru menentukan kebebasan berpikir. Dengan demikian, guru memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, dkk, (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research (JCSR). Vol.1, No.1.

Arifin, Mimi dkk. (2020). Persepsi Penghuni terhadap Keamanan di Perumahan yang Berlaku Pencegahan Kejahatan melalui Desain Lingkungan (CPTED) di Kota Makassar. Jurnal, Universitas Hasanuddin, Gowa.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Konstruktivisme, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,12 (2): 155-164.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8150–8154.

Hasan Ashari, Trinandari Prasetyo Nugrahanti, (2021). Household Economy Challenges in Fulfilling Life Needs During the Covid-19 Pandemic. Global Business and Economics Review. Vol 25. No 1.

Hasim, E. (2020). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 0, Art. 0. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403.

Mualifah, I. 2013. Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01 (01): 102-121.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakan Kesembilan.

Nafi’ah, (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MIN 1 Banyumas. Jurnal Kependidikan , Vol . 11. No 1.

Nurani, Dwi. dkk., (2022). Serba-Serbi Kurikulum Medeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna. (2020). Strategy of Boarding School (Pesantren ) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142–160.

Rati Melda Sari, (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 1. No1.

RI., Kemendikbud. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., … Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61.

Rosidah, T. C., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 12 No(1), 87–103.

Tsania, F. Q. P. & Surawan. (2022). Analisis Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. SNasPPM, 7(1), 513– 517.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Adilla, U., & Yandra, J. J. (2024). Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah . NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 240–262. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.502