Model PAIKEM dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.265Keywords:
Model PAIKEM, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model PAIKEM dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Laboratorium Kota Jambi yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Laboratorium Kota Jambi belum tercapai. Meskipun guru melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan memilih dan menggunakan alat dan media pembelajaran yang terbatas, namun tetap memberikan stimuli kepada siswa seperti mendorong siswa giat belajar, memberikan reward dan punishment, memperhatikan perkembangan invidual setiap siswa dalam belajar di kelas. Guru juga melakukan evaluasi untuk memastikan belajar tetap kondusif. Kesimpulan penelitian ini adalah model PAIKEM dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Haditsdi MTs Laboratorium Kota Jambi karena belum optimal memperhatikan psikologi dan kebutuhan belajar siswa.
Downloads
References
Daryanto, Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya, 2010.
Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Marsih, Analisis Pengembangan PAIKEM dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, 2011.
Masitoh dan Laksmi Dewi, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
Rudi Hartono, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, Bandung: Alfabeta, 2009.
Yoel Octobe Purba, Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diberi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran PAIKEM. Tesis.Medan: Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.