Model PAIKEM dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi

Authors

  • Yulianto Yulianto Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ana Rasyidatu Umatin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla IAI Yasni Bungo Jambi
  • Laili Rahmi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.265

Keywords:

Model PAIKEM, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model PAIKEM dalam meningkatkan minat belajar siswa pada  mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Laboratorium Kota Jambi yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Laboratorium Kota Jambi belum tercapai. Meskipun guru melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan memilih dan menggunakan alat dan media pembelajaran yang terbatas, namun tetap memberikan stimuli kepada siswa seperti mendorong siswa giat belajar, memberikan reward dan punishment, memperhatikan perkembangan invidual setiap siswa dalam belajar di kelas. Guru juga melakukan evaluasi untuk memastikan belajar tetap kondusif. Kesimpulan penelitian ini adalah model PAIKEM dalam meningkatkan minat belajar siswa pada  mata pelajaran Al-Qur’an Haditsdi MTs Laboratorium Kota Jambi karena belum optimal memperhatikan psikologi dan kebutuhan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman Shaleh, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Daryanto, Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya, 2010.
Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Marsih, Analisis Pengembangan PAIKEM dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, 2011.
Masitoh dan Laksmi Dewi, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
Rudi Hartono, Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, Bandung: Alfabeta, 2009.
Yoel Octobe Purba, Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diberi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran PAIKEM. Tesis.Medan: Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2015.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Yulianto, Y., Umatin, A. R., Adilla, U., & Rahmi, L. (2021). Model PAIKEM dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 55–88. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.265