Penerapan Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi

Authors

  • Mawaddah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.495

Keywords:

Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Mutu Lulusan

Abstract

Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu memerlukan rencana-rencana strategi. SMPN 7 Kota Jambi merupakan sekolah yang menerapkan strategi dalam meningkatkan mutu lulusannya. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi nonpartisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengamatan lingkungan (Analisis SWOT) meliputi pengamatan lingkungan sekolah mengenai kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang. (2) Perencanaan strategi pada SMPN 7 Kota Jambi (a) melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal sekolah, (b) berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah untuk merumuskan program/kegiatan sekolah, (c) menentukan strategi melalui pengembangan program/kegiatan sekolah, pada SMPN 7 Kota Jambi perencanaan strategi dikiuti dengan merumuskan kebijakan mutu. (3) Pengorganisasian strategi yaitu adanya pembagian tugas guru dan staf yang jelas. (4) Implementasi strategi yaitu (a) mengembangkan program unggulan sekolah yang dimulai dari tahap PPDB, (b) pengembangan guru. (c) Pelaksanaan K-13 (5) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah (a) supervisi, (b) pelaksanaan rutin pada proses pembelajaran, (c) melalui laporan kegiatan dan rapat evaluasi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Fatah Yasin. Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Didin Kurniadin & Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

E. Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Engla Asmi et. Al., Pelayanan Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidik. Jurnal Kebijakan Public, Volume 4, Nomor 1, Maret 2013.

Lachlan E.D. Crawford dan Paul Shutler. Total quality management in education: problems and issues for the classroom teacher. Emerald Insight. International Journal of Educational Management, 2006.

Muhaimin, dkk., Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah Dan Madrasah, Jakarta: Raja grafindo Persada, 2008.

Mulyasana. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing., Bandung : PTRemaja Rosdakarya Offest, 2015.

Rachmat. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Ramadhan, P & Yahya, R. Strategi peningkatan mutu lulusan pendidikan ekonomi dalam rangka pengembangan inovasi pembelajaran berbasis budaya berpikir ilmiah pada era MEA, Jurnal Pendidikan 2017.

Rosul Asnawi. Strategi Meningkatakan Lulusan Bermutu Diperguruan Tinggi, Jurnal Sosial Humaniora. Vol. 9 No 2, Desember 2005.

Sallis Edward. Total Quality Management In Education. Jogjakarta: IRCisoD, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Mawaddah, Adilla, U., & Istikomah. (2024). Penerapan Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(1), 74–108. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.495