PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL

Authors

  • Sugeng Kurniawan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam/ Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Pucang-Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan fenomenologis, penelitian ini beruasaha untuk
memahami realitas peristiwa dan berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual di sekolah tersebut. Sumber
data penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, guru Al-Islam,
kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum dan wakil kepala sekolah ISMUBA
(Keislaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab). Sedangkan data penelitian diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Analisis data diawali dengan pengkodean, transkripsi dan reduksi.
Hasil akhir dari analisis data tersebut mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran
Al-Islam dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah
2 Surabaya dilaksanakan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual,
meliputi: konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi
dan penilaian yang autentik. Di samping sesuai dengan komponen utama, kegiatan
pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual memiliki efektivitas
yang tinggi dalam menunjang prestasi akademik peserta didik dan pemahaman peserta
didik terhadap aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang
dilaksanakan menjadi bermakna, ceria dan menyenangkan (joyfull learning) bagi peserta
didik.
Kata Kunci: Al-Islam, Pendidikan Agama Islam, Contextual Teching and Learning
(CTL).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-04-01

How to Cite

Kurniawan, S. (2015). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 78–87. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/46

Most read articles by the same author(s)