Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo

Authors

  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Mela Putri Ayu UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.256

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kedisiplinan Guru

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Populasi penelitian ini adalah guru di SMK Negeri 1 Tanah Sepenggal. Sampel terdiri dari 30 orang yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo dengan prosentase pengaruhnya yaitu sebesar 8,29%, artinya tingkat koefisien korelasinya tinggi dan melebihi nilai signifikansi sebesar 0.05% dan berdistribusi normal. Tingkat kedisiplinan seorang guru akan meningkat apabila ada gaya kepemimpinan yang baik dari kepala sekolah, karena guru akan meneladani seorang pemimpin. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, ditemukan bahawa gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahannya. Jawa Tengah: Penerbit Madina, 2016.
Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia, 2006.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Hamka Abdul Aziz, Karakter Guru Profesional. Jakarata: PT Al-Mawardi Prima, 2016.
Imam Abdul Fida Isma’il Ibnu Kasit Ad-Dimasyqi, Tafsir Ibnu Katsir, terjemahan. Bahrun Abu Bakar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Jason A. Colquitt, J. Lepine, Michael J. Wessom, Organizational Behavior Improving Performance and Commitment in the Workplace. USA: Mc.Graw-Hill Education, 2015.
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama, 2008.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Moersetyo Rahadi dan Sudrajat Subana, Statistika Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2000.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 Tentang Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suwatno dan Donni Juni Priansa, Manajemen SDM dalam Organisasi Publikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tarbani Rusyan, Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia, 2006.
Tikno Lensufiie, Leadership untuk Profesional dan Mahasiswa. Jakarta: Erlangga,2010.
UU Republik Indonesia No. 14 Tahun 2004, “Guru dan Dosen.”http://UU-nomor-14-tahun-2004-ttg-guru-dan-dosen-pdf.Diakses pada tanggal 2 Maret 2019.
Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Pontianak: Alfabeta, 2009.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

Kurniawan, S., & Ayu, M. P. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 192–214. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.256