PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONTEKSTUAL
Abstract
Penelitian ini membahas tentang efektivitas penerapan Contextual Teaching andLearning (CTL) pada pembelajaran Mata Pelajaran Al-Islam/ Pendidikan Agama Islam
(PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Pucang-Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan fenomenologis, penelitian ini beruasaha untuk
memahami realitas peristiwa dan berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual di sekolah tersebut. Sumber
data penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, guru Al-Islam,
kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum dan wakil kepala sekolah ISMUBA
(Keislaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab). Sedangkan data penelitian diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Analisis data diawali dengan pengkodean, transkripsi dan reduksi.
Hasil akhir dari analisis data tersebut mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran
Al-Islam dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah
2 Surabaya dilaksanakan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual,
meliputi: konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi
dan penilaian yang autentik. Di samping sesuai dengan komponen utama, kegiatan
pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual memiliki efektivitas
yang tinggi dalam menunjang prestasi akademik peserta didik dan pemahaman peserta
didik terhadap aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang
dilaksanakan menjadi bermakna, ceria dan menyenangkan (joyfull learning) bagi peserta
didik.
Kata Kunci: Al-Islam, Pendidikan Agama Islam, Contextual Teching and Learning
(CTL).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.