MADRASAH NIZAMIYAH (Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam)
Abstract
Kajian tentang madrasah yang dikaitkan dengan aspek sosial bisa dikatakan masihkurang, padahal eksistensi madrasah baik pada abad klasik sampai abad XXI tidak jauh
beda. Dinamika madrasah yang tumbuh dan berakar dari kultur masyarakat stempat
tidak akan luput dari dinamika dan peradaban masyarakat (change of society). Tidak salah
kalau banyak yang mensinyalir kalau madrasah tumbuh dan berkembang dari bawah ke
atas. Sejak kejayaan pemerintah Abbasiyah sampai munculnya pemerintahan Bani Saljuq,
masyarakat Islam selalu diselimuti dan diwarnai oleh pertikaian, ekspansi dan peperangan.
Lalu dalam kondisi yang seperti ini bagaimana mungkin sebuah institusi pendidikan
(madrasah) dapat eksis, bahkan menjadi prototype pendidikan Islam, bagaimana tradisi
keilmuan bisa berkembang, dan bagaimana intelaktual Islam bisa lahir melalui karya
spektakuler yang mengagumkan.
Kata Kunci: Madrasah Nizamiyah, Kurikulum, Pendidikan Islam
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.