MADRASAH NIZAMIYAH (Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam)

Authors

  • Sugeng Kurniawan Sekolah Tinggi Agama Islam Yasni Muara Bungo

Abstract

Kajian tentang madrasah yang dikaitkan dengan aspek sosial bisa dikatakan masih
kurang, padahal eksistensi madrasah baik pada abad klasik sampai abad XXI tidak jauh
beda. Dinamika madrasah yang tumbuh dan berakar dari kultur masyarakat stempat
tidak akan luput dari dinamika dan peradaban masyarakat (change of society). Tidak salah
kalau banyak yang mensinyalir kalau madrasah tumbuh dan berkembang dari bawah ke
atas. Sejak kejayaan pemerintah Abbasiyah sampai munculnya pemerintahan Bani Saljuq,
masyarakat Islam selalu diselimuti dan diwarnai oleh pertikaian, ekspansi dan peperangan.
Lalu dalam kondisi yang seperti ini bagaimana mungkin sebuah institusi pendidikan
(madrasah) dapat eksis, bahkan menjadi prototype pendidikan Islam, bagaimana tradisi
keilmuan bisa berkembang, dan bagaimana intelaktual Islam bisa lahir melalui karya
spektakuler yang mengagumkan.
Kata Kunci: Madrasah Nizamiyah, Kurikulum, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-01

How to Cite

Kurniawan, S. (2014). MADRASAH NIZAMIYAH (Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 72–80. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/62

Most read articles by the same author(s)