PERANAN KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BERBASIS MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i1.96Abstract
Pendidikan anak usia dini atau PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak dua tahun sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan dengan memberi rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Diperlukan kesadaran serta program terpadu yang melibatkan masyarakat dan pemerintah untuk menjadikan pelaksanaan PAUD sebagai gerakan nasional. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran tentang sebuah lembaga PAUD yang personelnya memiliki pola kepemimpinan yang mampu memberikan motivasi, mengayomi dan juga mampu utuk mengemban tanggung jawab yang diberikan. Peranan kepemimpinan visioner merupakan salah satu langkah yang sangat setrategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan khususnya lembaga PAUD. Artikel ini merupakan hasil penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa peranan kepemimipinan pendidikan yang visioner merupakan kepemimpinan yang berkualitas. Adapun ciri-ciri pemimpin yang berkualitas, yaitu: memiliki intregitas pribadi, memiliki antusiasme terhadap perkembangan yang dipimpinnya, mengembangkan kehangatan, budaya, dan iklim organisasi, memiliki ketenangan dalam manajemen organisasi dan tegas dan adil dalam mengambil tindakan/ kebijakan kelembagaan. Kesimpulan artikel ini menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner sangat diperlukan oleh lembaga PAUD dalam rangka mewujudkan manajemen PAUD yang handal dan memilki daya saing yang tinggi sebagai pondasi generasi yang memiliki akhlak dan budi pekerti baik yang mampu menciptakan lingkungan yang aman dan tentram.
Â
Kata kunci: Kepemimpinan visioner, Manajemen PAUD,
                   PAUD berbasis Masyarakat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.