Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Akuntabilitas Kepala Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.148Keywords:
gaya kepemimpinan, dan akuntabilitas kepala madrasah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan, dengan akuntabilitas kepala Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Jambi. Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya kajian perilaku organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Jambi. Sampel penelitian sebanyak 3 Kepala Madrasah yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Untuk meneliti kepala madrasah tersebut diperlukan unit sampel 124 responden. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala Likert. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan dengan akuntabilitas kepala MAN. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi diawali dengan uji persayaratan analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas regresi pada taraf signifikan α=0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan langsung antara gaya kepemimpinan dengan akuntabilitas kepala Madrasah Aliyah Negeri dengan koefisien korelasi sebesar 0,35. Kesimpulan penelitian ini adalah gaya kepemimpinan berhubungan dengan akuntabilitas kepala Madrasah Aliyah Negeri. Implikasinya semakin baik gaya kepemimpinan yang dilakukan kepala madrasah maka akan semakin baik akuntabilitasnya.
Downloads
References
Departemen Agama RI, Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Sekretariat Jenderal Biro organisasi dan tatalaksana, 2006.
Departemen Agama RI, Mushaf Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Al-Huda, 2005.
Fatah Syukur, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2011.
http://disdik.jambiprov.go.id/web/tampil/opini/detail/3.
Ibn Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, terjemahan Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq al-Sheikh. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i.
Imam Abdul Fida Isma’il Ibnu Kasit Ad-Dimasyqi, Tafsir Ibnu Katsir, terjemahan. Bahrun Abu Bakar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Bidang pendidikan Madrasah, Laporan Data Madrasah. Jambi: Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, 2013.
Kementerian Agama RI, Qur’an Asy-Syifaa’ Hafalan Terjemah dan Tajwid Berwarna Metode Tikrar. Bandung: Sigma Examedia Arkaleema, 2018.
Maisah, Manajemen Strategik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jambi: Salim Media Indonesia, 2016.
Martinis Yamin dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: GP Press, 2010.
Mc. Adams, D., et.al. Urban school district accountability systems. U.S: Center for Reform of School Systems under a grant from the U.S. Department of Education, 2003.
Nur Efendi, Islamic Educational Leadership; Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Peter G. Northouse, Kepemimpinan; Teori dan Praktik. Edisi Keenam, terj. Ati Cahayani. Jakarta: Indeks, 2013.
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Suwatno dan Donni Juni Priansa, Manajemen SDM dalam Organisasi Publikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2013.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana, 2013.
Tim Redaksi FOKUSMEDIA, Himpunan Peraturan Perundang-undangan Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia, 2006.
Tukiran Taniredja dan Hidayati Mustafidah, Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pngantar). Bandung: Alfabeta, 2012.
Veithzal Rivai, Bachtiar dan Boy Rafly Amar, Pemimpin dan kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Wirawan, Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.