Meningkatkan Moral Anak Dengan Metode Bercerita pada Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo

Authors

  • Yeni Astaria Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novi Riani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.414

Keywords:

Moral Anak, Metode Bercerita

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, adalah Lembaga yang menitik beratkan pembelajaran yang mengasyikkan. Pembelajaran yang aktif dan interaktif adalah hal yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran,agar dapat mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan pada anak. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode bercerita. Metode pembelajaran ini lebih menekankan pada aspek pengembangan moral anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode bercerita dapat meningkatkan moral anak usia 5-6 tahun di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo dan Bagaimana proses peningkatan moral anak dengan menggunakan metode bercerita PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini mengetahui tentang proses penerapan metode bercerita pada anak usia dini di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo, dan untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan moral anak anak dengan menggunakan metode bercerita di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-qur’an dan terjemahan, Depertemen Agama RI, Bandung: Sygma Examedia Arkanleeme, 2009.
Abu Abdullah Ibn Muhammad Isma’il al-Bukhari. Shahih Bukhri Juz I. Riyadh: Idaratul Bahtsi Ilmiah, 1992.
Eliyyil Akbar. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Gruf, 2020.
M. Athiyah Al Abrasy. At-Tarbiyah Al-Islāmiyah Wa Falasatuhā. ’Isa al-Bābi al- Jalabī wa syirkāhu, 1969.
M. Nipan Abdul Halim. Anak Saleh Dambaan Keluarga. Jakarta: Mitra Pustaka, 2001.
Masganti. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publising, 2016.
Masganti. Perkembangan peserta didik. Medan: Perdana Publising, 2012.
Moeslichateon. Metode Pengajaran di Taman Kanak – kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Muhammad,Y. Mengidentifikasi unsur – unsur Ekstrinsik cerita (Nilai Moral dan Sosial) (http://dfemenis. blogspot. Com, diakses 20 Desember 2016.
Partini. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2010.
Sa’dun Akbar dkk. Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama, 2019.
Yusransyah. Pengembangan Moral Dan Nilai-nilai Agama Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Persada, 2011.
Yusuf LN dan Samsu. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Astaria, Y., & Riani, N. (2022). Meningkatkan Moral Anak Dengan Metode Bercerita pada Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 89–116. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i1.414