Bermain dan Bernyanyi dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.598Keywords:
Bermain, Bernyanyi, Bahasa AnakAbstract
Proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Al Jannah Kelurahan Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari yaitu dilakukan dengan tahapan menetapkan bentuk kegiatan dan tujuan kegiatan, melaksanakan kegiatan bermain dan bernyanyi degan tahapan memulai dengan mengucapkan salam, mengabsen anak, meminta para anak agar jangan ribut saat guru sedang membawakan/membacakan cerita, memperkenalkan/menyebutkan tema, memulai kegiatan bermain dan bernyanyi, menyuruh anak meniru huruf atau gambar yang sesuai dengan tema, dan Lalu mengajak bernyanyi dan bermain dengan alat yang ada serta Mengakhiri pembelajaran, menutup cerita dengan kegiatan bernyanyi. Kendala dalam proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini yaitu masih minimnya alat peraga edukatif yang diperlukan guru dalam kegiatan bermain maupun bernyanyi, perbedaan karakter anak dan masih rendahnya motivasi anak dalam mengikuti kegiatan bermain dan bernyanyi. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada proses implementasi kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia dini yaitu dengan membuat alat peraga edukatif sederhana yang dibuat dari karton, kardus bekas, botol dan lainnya. melakukan pedekatan yang berbeda kepada anak dan memberikan motivasi kepada anak dalam bentuk pujian.
Downloads
References
A. Martuti, Mendirikan dan Mengelola PAUD. Sidorejo: Kreasi Wacana, 2010.
Abin Syamsyudin. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya: 2012.
Alzena Masykouri, Mengasah Kemampuan Berbahasa Anak di Usia 4-6 Tahun. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
Arsyi Anggalia dan Mila Karmila, (2014), Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Pada Kelompok A (Jurnal Penelitian PAUDIA).
Depdiknas, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.
Dhieni, Nurbiyana, dkk, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka, 2012.
Fadlillah, Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.
Fisal Rizaldi, (2015), Pengertian Bahasa Lisan: Definisi Pengertian Bahasa Ekspresif. Jurnal, Vol. 1, No. 2, Tahun 2015.
Hendra Sofyan, Perkembangan Anak Usia Dini Dan Cara Praktis Peningkatannnya. Jakarta: Infomedika, 2014.
M. Fadilah, Desain Pembelajaran Puad. Jogjakarta:Ar-Ruzz, 2012.
Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Mulaysa, Manajemen PAUD. Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2016.
Mulyasa, Manjemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Raja Rosdakarya, 2012.
Mustakim Nur dkk, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Mulya Press, 2013.
Mustakim, Peranan Cerita dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK Jakarta: Depdiknas, 2012.
Ni Made Sri Astuti Nugraha, Istri Ngurah Marhaeni, dan Nyoman Tika, (2014), Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sikap Mandiri Anak Kelompok A”, (e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4).
R. Lestari, (2012), Nyanyian Sebagai Metode Pendidikan Karakter Pada Anak (Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam No. B 06, 3.
Sabil Risaldi, Bermain, Bercerita, Menyanyi Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Pt. Luxima Metro Media, 2015.
Saefullah, Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Renika Cipta, 2018.
Tetty Rachmi, dkk, Keterampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.