Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v3i2.606Keywords:
Percaya Diri, Media Pembelajaran, Media Ular TanggaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga terhadap rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun di Paud Kober Miftahul Falah Sindangsari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen rancangan pre experimental desains bentuk one grup protest pretest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji hipotesis untuk melihat uji t dengan hasil nilai dapat diketahui t tabel dengan taraf signifikan 0,5 yaitu 2,16 dengan t0 yaitu 3,162, oleh karena itu dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besasr dari pada tt yaitu 3,162 > 2, 16. Maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti media permainan ular tangga memiliki pengaruh terhadap rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun.
Downloads
References
Akbari, O., & Sahibzada, J. “Students’ self-confidence and its impacts on their learning process,” American International Journal of Social Science Research, 5, 2020.
Audina, R., Setyaningsih, K., Fitri, I., & Raden Fatah Palembang, U. “Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Pampangan Oki,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1, Februari, 2022.
Desri, M., & Solihatulmilah, E. “Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak,” Jurnal Petik, 5, Maret, 2019.
Dini, J. P. A. U. “Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2021.
Fransisca, Ria, Sri Wulan, and Asep Supena. “Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, Januari, 2020.
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (n.d.). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup. 2021.
Hotimah, A. K., & Ukhwatun, N. “Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Komunikasi Ekspresif Pada Pembelajaran Di Kelas Anak Usia Dini.” In Seminar Nasional Pendidikan. 2015.
Mulyawati, Y., & Windiyani, T. “The Effects of Using Snake and Ladder Media towards Elementary School Students’ Learning Outcomes,” Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 3, Agustus, 2020.
Novan,Ardy Wiyani. Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik Paud. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Nuryadi, T. D. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.
Priandana, M. S., &Sunarsi, D. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang:Pascal Books, 2021.
Rahimi, A. “Investigating the Contributing Factors Affecting High School Students’ Self-confidence and the Solutions for Enhancement: A Case Study of Arabu Qala High School, Kandahar, Afghanistan,” American International Journal of Social Science Research, 4, 2019.
Syam, A., & Amri, A. “Pengaruh kepercayaan diri berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar (studi kasus di program studi pendidikan biologi keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare).” Jurnal Biotek , 5 (1), 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.