Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Bermain Dengan Media Pasir dan Plastisin Terhadap Anak 4-5 Tahun

Authors

  • Ainun Pratiwi Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kalimantan Barat
  • Sri Nugroho Jati Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kalimantan Barat
  • Iin Maulina Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.616

Keywords:

Anak, Bermain, Plastisin, Pasir

Abstract

Kegiatan bermain adalah kegiatan anak-anak yang dilakukan sepanjang hari karena bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah permainan. Anak usia dini tidak membedakan antara bermain, belajar, dan bekerja. Anak-anak sangat menikmati permainan dan selalu melakukannya di manapun mereka memiliki kesempatan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan data atau informasi sebagai salah satu acuan teoretis kepada berbagai pihak yang berkompeten dalam penelitian pengenalan huruf anak usia dini. Metode bermain yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan media pasir dan plastisin. Pasir merupakan butiran kecil yang mudah dibentuk dan menyenangkan bagi anak-anak. Plastisin merupakan adonan mainan yang terbuat dari tepung sehingga menjadi benda yang lunak hingga dapat diremas-remas, ditarik-tarik, ditekan-tekan, dan bisa dibentuk sesuai dengan imajinasi anak. Kegiatan dengan menggunakan media bermain dapat memenuhi seluruh aspek perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elyana Maulidah dan Julianto, “Pengaruh Media Smart Fun Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan Wonocolo Sepanjang Sidoarjo, dalam jurnal PAUD Teratai,” Vol 5, No .2.

Komang Srianis, Dkk, “Penerapan metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Dalam Mengenal Bentuk,” dalam e-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1,

Mega, Dewi Ratna. Penerapan Kegiatan Membentuk Benda Geometri Dengan Menggunakan Plastisin Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A1 Di TK Lazuardi Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. . Jember: Universitas Jember, 2018.

Mukhtar Latif, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2013, Cet. 1

Mukhtar, Latif. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2013.

Priyani, Septi. "Pengaruh Penggunaan Media Plastisin Tepung Warna Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di RA Darush Sholihin Lampung Barat. ." Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2019.

Raihanun, Rika. "Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A1 Melalui kegiatan Bermain Plastisin Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Balung Kulon Tahun Pelajaran 2015/2016. ." Universitas Jember, 2016.

Ramaikis, Jawati. "Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di paud Habibul Ummi II." https://ejournal.unp.ac.id, 2013: Volume 1 Nomer 1 : 1-14.

Tri Lestari Waraningsih, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Ngaglik SLEMAN,” (Skripsi, Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2014)

Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks, 2013, Cet. 8

Yumarlin, MZ. Pengemabangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar : Jurnal teknik, Vol. 3, No. 1

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Pratiwi, A., Jati, S. N., & Maulina, I. (2024). Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Bermain Dengan Media Pasir dan Plastisin Terhadap Anak 4-5 Tahun. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 70–83. https://doi.org/10.51311/alayya.v4i1.616