Peran Perempuan dalam Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v5i1.782Keywords:
Peran Guru, Karakter Islami, Karakter disiplinAbstract
Penelitian ini membahas peran perempuan dalam perspektif pendidikan Islam dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Perempuan memiliki peran sentral dalam pendidikan, baik dalam lingkungan keluarga, pendidikan formal, maupun nonformal. Dalam keluarga, perempuan berfungsi sebagai madrasah pertama bagi anak-anaknya, yang menanamkan nilai-nilai tauhid, akhlak, serta keterampilan dasar yang membentuk karakter dan kepribadian mereka. Dalam pendidikan formal, perempuan berperan sebagai tenaga pendidik yang berkontribusi dalam mencerdaskan generasi. Sementara dalam pendidikan nonformal, perempuan berpartisipasi dalam kegiatan dakwah, kajian keislaman, serta berbagai forum sosial yang bertujuan meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat. Melalui kajian literatur dari berbagai sumber keislaman, penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam memberikan penghargaan tinggi terhadap peran perempuan, sebagaimana dicontohkan oleh tokoh-tokoh perempuan dalam sejarah Islam. Oleh karena itu, memberikan kesempatan luas bagi perempuan untuk berperan dalam dunia pendidikan merupakan langkah strategis dalam membangun generasi yang berilmu, berakhlak, dan bertakwa.
Downloads
References
Aeni, Nurul, Peran Perempuan Dalam Pendidikan Anak Di Masa Pendemi Covid-19, Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 15.2 (2021).
Azhari, Jalaluddin Faruk, Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Deradikalisasi, Jurnal Subulana, 1.2 (2018).
Faizah, Rohmatul, and Diva Vidia Alkhalimi, Peran Perempuan Dalam Gerakan Dakwah Islam, Ahsan: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2.2 (2023).
Farhan, Fachmi, Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam, HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2.1 (2023).
Farin, S E, Peran Perempuan Dalam Pendidikan Di Indonesia Pada Zaman Modern, OSF Preprints. May, 1.2 (2021).
Inayati, Mahfida, Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Islam (Studi Terhadap Peran Perempuan Sebagai Kepala Sekolah Di Yayasan Ali Imron Pakamban Laok Pragaan Sumenep Tahun 2022)’, Braz Dent J., 33.1 (2022).
Kartika, Nita, Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam, Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14.1 (2020).
Lutfi, Lutfi, Usman Sutisna, and Fery Rahmawan Asma, Peran Dan Kedudukan Perempuan Dalam Persfektif Pendidikan Islam Di Era Modern, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6.1 (2023).
Mufida, Nanik, Abdul Kholid, and Achmad Shobikhul, Konsep Pendidikan Perempuan Dalam Prespektif Islam, 2.1 (2024).
Rahmah, Syarifah, Pendidikan Dan Kesetaraan Gender Dalam Islam Di Aceh, Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5.1 (2019).
Ratna, Evy, Kartika Waty, Mega Nurrizalia, Siti Nabila Elvito, Audylla Toressa, and Siti Nurafifah, Peran Perempuan Dalam Pendidikan, 4, 2024.
Samsidar, Peran Ganda Wanita Dalam Rumah Tangga, 12.2 (2019).
Selamet, M. Amin, and Wiwin Fachruddin Yusuf, Pendidikan Kesetaraan Gender Dalam Islam Perspektif KH Husein Muhammad, Multicultural of Islamic Education, 6.2 (2023).
Sumiyati, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, 2014.
Syamsiah, Dailatus, Perempuan Dalam Tantangan Pendidikan Global:, 8.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.