Moderasi Beragama di Lingkungan Majemuk untuk Meningkatkan Kerukunan Umat di Kabupaten Sarolangun

Authors

  • Darmawi Darmawi Institut Darul Ulum Sarolangun
  • Elza Eka Putri Institut Darul Ulum Sarolangun
  • Oktawini Ofiani Institut Darul Ulum Sarolangun

DOI:

https://doi.org/10.51311/annaba.v3i1.660

Keywords:

Moderasi Beragama, Lingkungan Majemuk, Kerukunan Umat

Abstract

Pentingnya moderasi beragama dalam konteks masyarakat majemuk di Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan kerukunan umat. Dalam masyarakat yang beragam, moderasi beragama menjadi kunci untuk menciptakan harmoni dan mengurangi potensi konflik antar agama. Penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama tidak hanya melibatkan sikap toleransi, tetapi juga pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai agama dan budaya lain yang ada di sekitar kita. Tujuan dari penlitian ini yaitu untuk menganalisis mengenai permasalahan moderasi beragama di Kabupaten Saroalngun untuk kerukunan umat di Kabupaten Sarolangun, Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penlitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Teknik penentuan dalam penlitian ini yaitu menggunakan analisis data, dan teknik penentuan data dalam penlitian ini yaitu analisis data dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, analisis data, brupa buku, jurnal, karya ilmiah serta sumber yang memiliki kaitan dengan penlitian yang akan dilakukan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan bahwa pentingnya moderasi beragama dalam konteks masyarakat majemuk di Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan kerukunan umat. Dalam masyarakat yang beragam, moderasi beragama menjadi kunci untuk menciptakan harmoni dan mengurangi potensi konflik antar agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, Mhd, ‘Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi’, Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1.2 (2020), 143–55

Ahmad, Fandy, ‘No Title’, DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29.1 (2023), 125 <https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5276>

Arifianto, Yonatan Alex, and Joseph Christ Santo, ‘Tinjauan Trilogi Kerukunan Umat Beragama Berdasarkan Perspektif Iman Kristen’, Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1.1 (2020), 1–14

Chrisantina, Vita Santa, ‘Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5.2 (2021), 79–92 <https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.155>

Febrianto, Sobri, and Elya Munfarida, ‘Implikasi Konsep Moderasi Beragama Terhadap Multikulturalisme Di Indonesia’, Jurnal SUARGA: Studi Keberagamaan Dan Keberagaman, 2.1 (2023), 72–96 <https://doi.org/10.24090/suarga.v2i1.8233>

Hakim, Taupik Rahman, ‘Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama’, Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1.4 (2022), 192–200 <https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188>

Hasyim, Fuad, and Junaidi Junaidi, ‘Penguatan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Dan Intoleransi Pelajar Di Karesidenan Surakarta’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6.1 (2023), 1 <https://doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2141>

Henri Sirangki, Mariani Rombe Payung, Yusri, and Alfrisa Ayo’ Payung Allo, ‘Memaknai Toleransi Secara Teologis Sebagai Upaya Moderasi Beragama’, Jurnal Teologi Pambelum, 3.1 (2023), 88–96 <https://doi.org/10.59002/jtp.v3i1.57>

Husna, Husnah. Z, ‘Moderasi Beragama Perspektif Al-Quran Sebagai Solusi Terhadap Sikap Intoleransi’, Al-Mutsla, 4.1 (2022), 41–53 <https://doi.org/10.46870/jstain.v4i1.202>

Ikhwan, M., Azhar, Dedi Wahyudi, and Afif Alfiyanto, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Di Indonesia’, Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21.1 (2023), 1–15 <https://doi.org/10.30762/realita.v21i1.148>

Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami, ‘Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020’, KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11.1 (2021), 65–89 <https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244>

Jasiah, Jasiah, Defri Triadi, Riwun Riwun, Muhammad Arif Roziqin, Khofifah Khofifah, Aldianor Aldianor, and others, ‘Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Huma Tabela Di Desa Tumbang Tanjung’, Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3.2 (2023), 493–500 <https://doi.org/10.54082/jippm.162>

Juhaeriyah, Siti, ‘Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Pada Santri Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ath-Thabraniyyah’, Al-Hikmah, 8.1 (2022), 131 <https://doi.org/10.30651/ah.v8i1.12981>

Kertayasa, Herdian, Rahma Dilla Zainuri, Mitra Sasmita, Qorrie Annisa, Agus Fudholi, Ainur Alam Budi Utomo, and others, ‘Penguatan Moderasi Beragama Di SMP Islam At-Thohariyah Telukjambe Timur Karawang’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2.5 (2022), 547–53 <https://doi.org/10.52436/1.jpmi.732>

Lutfiyani, Lutfiyani, and Hilyah Ashoumi, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pembelajaran Aswaja Dan Implementasinya Terhadap Sikap Anti-Radikalisme Mahasiswa’, Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 9.2 (2022), 1–26 <https://doi.org/10.52166/darelilmi.v9i2.3332>

Mukti Ali, and Firmansyah, ‘Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan’, Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10.1 (2023), 50–54 <https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122>

Murtadlo, Muhamad, ‘Peran Lembaga Pendidikan Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama Di Jawa Timur: Kasus Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya’, 2021 <https://doi.org/10.31219/osf.io/ur28h>

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah, ‘Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf’, ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 14.1 (2019), 82–102 <https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102>

Putra, Romi, and Charles Charles, ‘Strategi Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di SMA Negeri 2 Bukittinggi’, TSAQOFAH, 3.5 (2023), 932–47 <https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1752>

Qowaid, Qowaid, ‘Gejala Intoleransi Beragama Di Kalangan Peserta Didik Dan Upaya Enanggulangannya Melalui Pendidikan Agama Islam Di Sekolah’, Dialog, 36.1 (2013), 71–86 <https://doi.org/10.47655/dialog.v36i1.82>

Rahmadi, Rahmadi, Akhmad Syahbudin, and Mahyuddin Barni, ‘Tafsir Ayat Wasathiyyah Dalam Al-Qur`An Dan Implikasinya Dalam Konteks Moderasi Beragama Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 22.1 (2023), 1–16 <https://doi.org/10.18592/jiiu.v22i1.8572>

Rumahuru, Yance Z., ‘Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama: Strategi Merawat Keberagaman Di Indonesia’, KURIOS, 7.2 (2021) <https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.323>

Saepudin, Juju, ‘OPTIMALISASI PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MEBUMIKAN MODERASI BERAGAMA’, Journal of Religious Policy, 1.1 (2023), 23–29 <https://doi.org/10.31330/repo.v1i1.5>

Saruroh, Ezah Fatmatus, Wan Reza Prayoga, Salsa Nurbalqis, Yosi Amelia Fransisca, Eka Rihan K, Putri Ayuni, and others, ‘Peningkatan Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Sosialisasi Moderasi Beragama Di Kampung Mansur Besar Kelurahan Tembeling Tanjung Kabupaten Bintan’, JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2.1 (2022), 45–54 <https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.324>

Shaleh, Muh., and Muthia Nur Fadhilah, ‘Penerapan Moderasi Beragama Pada Lembaga PAUD Di Sulawesi Tenggara’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 5933–45 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903>

Sopakua, Samel, Sephliano E. M Sahureka, Johanes Waldes Hasugian, Risky Lekantompessy, and Jus Benheis Teterissa, ‘Sosialisasi Moderasi Beragama: Merawat Kemajemukan Melalui Moderasi Beragama Di Sekolah’, Abdimas Universal, 5.2 (2023), 258–63 <https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i2.344>

Suhendar, Waway Qodratulloh, Hasbi Assidiki, Hafidhuddin Hafidhuddin, Riza Hadikusuma, and Rini Rahman, ‘Mainstreaming Religious Moderation in Polytechnic, Quo Vadis?’, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9.2 (2022), 229–41

Suprapto, Suprapto, ‘Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18.3 (2020), 355–68 <https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750>

Sutrisno, Edy, ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan’, Jurnal Bimas Islam, 12.2 (2019), 323–48 <https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113>

Syafieh, Syafieh, and M Anzhaikan, ‘The Moderate Islam and Its Influence on Religious Diversity in Indonesia’, ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 23.2 (2023), 177–92

Taufiq, Firmanda, and Ayu Maulida Alkholid, ‘Peran Kementerian Agama Dalam Mempromosikan Moderasi Beragama Di Era Digital’, Jurnal Ilmu Dakwah, 41.2 (2021), 134–47 <https://doi.org/10.21580/jid.v41.2.9364>

Trisaputra, Imanuel, and Joshua Salem Lolo, ‘Penamanan Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Melalui Pengajaran Pendidikan Agama Kristen’, Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 9.2 (2023), 95–102

Utomo, Deni Puji, and Rachmat Adiwijaya, ‘Representasi Moderasi Beragama Dalam Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Pada Konten Podcast Noice “Berbeda Tapi Bersama”’, PUSAKA, 10.1 (2022), 212–23 <https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.675>

Wulan, Neneng Sri, and Hisny Fajrussalam, ‘Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Pemahaman Moderasi Beragama Mahasiswa PGSD’, Jurnal Basicedu, 6.1 (2021), 372–85 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1927>

Published

2024-06-03

Issue

Section

Articles