Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 61/II Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.1094Keywords:
Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Aktivitas Siswa, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosses model pembelajaran Snowball Throwing terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 61/II. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tidanakan Kelas dengan model kemmis dan MC Taggart dan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada Prasiklus hasil belajar siswa memiliki persentase sebesar 67% dengan keaktifan belajar sebesar 59%, pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 69% dengan keaktifan belajar sebesar 65%, sedangkan pada siklus II hasi l belajar siswa mencapai 91% dengan keaktifan belajar siswa sebesar 83%, hal ini menunjukan bahwa siswa mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan model Snowball Throwing. Peningkatan aktivitas belajar siswa juga terlihat dari persentase keaktifan yang meningkat dari 59% pada prasiklus menjadi 82% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran snowball throwing terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi proses perumusan dan nilai-nilai Pancasila. Model ini dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa dalam belajar.
Downloads
References
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Dimyati & Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Hollingsworth, Pat & Lewis, Gary. Active Learning Strategies in the Classroom. New York: McGraw-Hill, 2012.
Hollingsworth, Pat. Active Learning in the Classroom. New York: McGraw-Hill, 2010.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Pustaka Al- Kautsar) 2020
Lie, Anita. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo, 2010.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mona Novita, PTK Tidak Horor: Memulai PTK, (Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018), Cet.1,
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Pane, Ahmad. Model-model Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Riandari, Rina. Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Saminanto. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.
Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Setiawan, Dedy. Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





